Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 20 Agustus 2017 | 09:22 WIB

Perhatikan, Ini Gejala Terjadinya Radang Tenggorok

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 13 Juni 2017 | 07:30 WIB
Perhatikan, Ini Gejala Terjadinya Radang Tenggorok
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Radang tenggorok adalah penyakit yang kerap terjadi di lingkungan masyarakat. Penyebabnya pun beragam.

Menurut dr. Syahrial M Hutauruk, Departemen THT FKUI - RSCM, Jakarta, terdapat tiga jenis radang tenggorok. Mulai dari akut, subakut, dan kronis.

"Akut disebabkan oleh bakteri virus, subakut disebabkan oleh bakteri actinomyces, dan kronis disebabkan oleh bakteri," kata dr. Syahrial M Hutauruk, Departemen THT FKUI - RSCM, saat ditemui di acara Betadine obat kumur, Jakarta, baru - baru ini.

Untuk mengantisipasi terjadinya radang tenggorok, Anda harus mengetahui gejalanya. Mulai dari demam, malaise (kondisi medis umum yang lemas, tidak nyaman, kurang fit, atau merasa sedang sakit), odinofagia (nyeri menelan), sakit kepala, otalgia (nyeri telinga), nyeri sendi, suara serak, dan pembesaran KGB Submandibula.

Agar tidak terjadi hal yang lebih lanjut, dibutuhkan pencegahan yang cepat. Pencegahan terjadinya komplikasi yang mungkin timbul adalah menjaga higienis mulut. Salah satunya dengan menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik.(tka)

 
Embed Widget

x