Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 06:20 WIB
Hide Ads

Hotel Ramah Lingkungan Ada di Labuan Bajo

Oleh : Aris Danu | Senin, 12 Juni 2017 | 21:15 WIB
Hotel Ramah Lingkungan Ada di Labuan Bajo
(Foto: Inilahcom/Aris Danu)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta-Meningkatnya sektor parwisata di Labuan Bajo membuat para pengusaha hotel dan penginapan menghadirkan berbagai konsep untuk menggaet para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Eco Tree Otel salah satunya. Hotel ini menyuguhkan konsep hotel ramah lingkungan bagi para wisatawan. Berlokasi satu area dengan Treetop Restaurant, salah satu tempat kuliner ternama di Labuan Bajo, hotel unik ini resmi beroperasi pada 25 Mei 2017.

Matheus Siagian, pengelola Eco Tree Otel mengatakan, hotel ini memiliki 17 kamar yang terdiri dari 10 Superior Rooms, 5 Suite Rooms Sea View with Private Balcony, dan 2 Deluxe Family Rooms.

Semua kamar hotel merupakan hasil karya arsitek Yori Antar, yang sudah dikenal sebagai inisiator rumah adat Wae Rebo, Flores.

"Kita memakai solar power juga sebagai sumber energi. Air sisa pembuangan dari AC bahkan kita gunakan lagi untuk memanaskan air. Dari sistem air panas yang ada di hotel, kita gak pakai listrik dan gas lagi," kata Matheus dalam keterangannya, Senin (12/6/2017).

Selain itu, Eco Tree Otel juga memiliki lokasi di tengah hiruk-pikuk pariwisata Labuan Bajo dan Pulau Komodo. Semua aktivitas yang berkaitan dengan Labuan Bajo berdekatan dengan hotel ini.

"Lokasi kami central. Hanya sekitar dua menit sampai ke pelabuhan. Di sisi lain ada pemandangan sea view yang sentral. Dari hotel, kita bisa melihat Pulau Rinca bahkan Pulau Komodo. 180 derajat kita bisa lihat dari paling kiri sampai paling kanan pemandangan Labuan Bajo," terang Matheus.

Perkembangan hotel ini menurut Matheus, begitu pesat. Meski baru beroperasi sekitar tiga minggu, respon positif ditunjukkan para wisatawan. Dengan harga kamar yang berkisar Rp 575 ribu - Rp 975 ribu, Eco Tree Otel menjadi tempat fevorit wisman maupun wisnus.

"Eco Tree Otel merupakan perluasan dari Treetop. Sesuai dengan mottonya, dari kata tree atau pohon, kita pun juga tumbuh berkembang seperti pohon," ucap Matheus.

Matheus menambahkan, pasca-menginap berbagai komentar terkait fasilitas maupun aksesoris kamar terlontar dari para pelancong. Satu di antaranya komentar tentang bed-runner yang menggunakan kain songket yang ada di setiap kamar. Begitu pula berbagai aksesoris di kamar maupun lorong-lorong hotel yang mengunakan kayu ukiran asal Kampung Bena di Bajawa.

"Semua itu merupakan hasil kolaborasi antara kami dengan Yori Antar dari Vindate, yang sangat peduli dengan kearifan local. Sehingga di setiap kamar Eco Tree Otel, tidak ada barang-barang yang kami beli. Semua handmade atau self-design. Ini yang membuat tempat kami menjadi unik dan berbeda dengan hotel-hotel lainnya di Labuan Bajo," demikian Matheus. [adc]

 
Embed Widget

x