Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 19:55 WIB

Cegah Gangguan Mulut

Hindari Makanan Ini Saat Sahur dan Berbuka

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 12 Juni 2017 | 08:35 WIB
Hindari Makanan Ini Saat Sahur dan Berbuka
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ada beberapa makanan yang perlu diperhatikan ketika dikonsumsi saat berbuka puasa maupun sahur. Hal ini berkaitan dengan kesehatan mulut dan tenggorok Anda. Apa saja?

Menurut ketua divisi laring faring departemen THT FKUI/RSCM, dr. Syahrial M. Hutauruk, SpTHT-KL(K), kesehatan daerah mulut dan tenggorokan harus diperhatikan ketika berpuasa. Hal ini termasuk dari asupan jenis makanan yang dikonsumsi saat puasa. Kemudian, asupan makanan pun dapat dicermati untuk menjaga flora bakteri baik dan normal yang terdapat di dalam mulut.

"Jenis - jenis makanan yang dapat menimbulkan gangguan mulut dan tenggorok seperti makanan berminyak, berlemak, dan berkadar gula tinggi. Makanan ini harus dikurangi konsumsinya. Selain itu, pencegahan yang dapat dilakukan untuk menghilangkan gangguan infeksi pada mulut dan tenggorok adalah dengan melakukan gargle dari rongga mulut sampai pangkal tenggorok menggunakan obat kumur antiseptik," papar dr. Syahrial M. Hutauruk, SpTHT-KL(K) saat ditemui di acara Betadine obat kumur, Jakarta, baru - baru ini.

Ketika risiko infeksi meningkat seperti pada saat sakit atau ketika flora mulut terganggu, melakukan gargle dengan povidone - lodine secara klinis dalam dapat membunuh kuman penyebab gangguan tenggorok dan mulut. Ini juga dapat mencegah penyebarannya. (tka)

Komentar

 
Embed Widget

x