Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 28 Juli 2017 | 03:39 WIB

Kasus Jerawat Paling Banyak Ditemui di Indonesia

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 7 Juni 2017 | 16:30 WIB
Kasus Jerawat Paling Banyak Ditemui di Indonesia
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ternyata kasus ACNE atau jerawat adalah masalah kulit wajah yang paling parah terjadi di Indonesia. Salah satu faktornya adalah karena polusi udara.

Menurut dr. Olivia Ong, dipl. AAAM Jakarta Aesthetic Clinic, menjelaskan banyak fakta dan mitos yang terjadi yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Salah satunya adalah bagi para wanita menjelang menstruasi itu mengalami pertumbuhan jerawat.

"Ternyata faktanya 60 - 70 persen acne itu timbul saat ingin menstruasi. Ada yang berpengaruh juga saat wanita hamil. Namun tidak semua wanita hamil tumbuh jerawat. Kebanyakan 68 persen ibu hamil mengalami ACNE," papar dr. Olivia Ong, dipl. AAAM Jakarta Aesthetic Clinic, saat ditemui di acara Beauty and Friendship, Jakarta, Selasa (06/06/2017).

Masih menurutnya, iklim di sebuah negara juga menjadi salah satu sebab timbulnya jerawat pada wajah. Pada musim panas, akan meningkatkan kejadian acne sekitar 33 persen.

"Indonesia termasuk negara yang mengalami musim panas. Karena itu, jerawat akan timbul dan terjadi lebih banyak pada daerah yang terpaparan UV dan kelembaban tinggi. Kemudian, kita juga mengalami polusi yang tinggi," tambahnya.

Kemudian dengan pengaruh kosmetika. faktanya, para wanita harus hindari pemakaian kosmetik yang berlebihan. Selanjutnya adalah bagaimana para wanita harus bisa merawat alat - alat kosmetik agar tidak cepat rusak dan banyak bakteri yang berkumpul di alat kosmetik tersebut.

"Bersihkan peralatan make up secara berkala. Kita bisa kontrol apa yang kita gunakan. Kalau bisa, 1 - 2 minggu harus dibersihkan," paparnya.

Agar wajah lebih bersih dan bersinar, lebih baik mengadopsi cara dengan membersihkan wajah dua kali, atau biasa disebut double cleansing. Ini sangat berguna setelah Anda menjalankan aktivitas seharian di luar rumah.

"Double cleansing setelah aktivitas harian. misalnya, mencuci muka dengan sabun kemudian, menggunakan susu pembersih. Tapi yang harus diperhatikan adalah ketika menggunakan pembersih wajah, harus benar - benar halus. Karena kalau terlalu keras, akan mengikis kelembaban kulit," ujarnya.

Faktor lain yang tidak kalah penting untuk menjaga kesehatan wajah adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Ini lebih baik ketika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung rendah gula.

"Makanan yang gula tinggi dapat memicu ACNE, begitu juga makanan dengan kadar lemak tinggi dan produk susu kemungkinan dapat memperparah ACNE, pilihlah makanan yang sehat," tambahnya. (tka)

 
x