Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 00:27 WIB

Amy Atmanto Konsisten Berdayakan Kaum Disabilitas

Oleh : Aris Danu | Kamis, 1 Juni 2017 | 00:45 WIB
Amy Atmanto Konsisten Berdayakan Kaum Disabilitas
Amy Atmanto - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta-Desainer kenamaan tanah air Amy Atmanto konsisten dalam memberdayakan para penyandang disabilitas lewat Rumah Internet Atmanto (RIAT) yang didirikan sejak Mei 2016 lalu.

Tahun ini, RIAT mendapat dukungan Lembaga Pengembangan Ekonomi Disabilitas (LPED). LPED turut memberikan dukungan bagi kebangkitan ekonomi kaum disabilitas. Keduanya bersinergi untuk memberdayakan para penyandang disabilitas.

"Inisiatif ini merupakan wujud nyata peran dan kontribusi masyarakat dalam mendukung pemberlakuan UU No 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas," kata Pembina Disabilitas sekaligus Founder RIAT, Amy Atmanto dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Amy berharap dengan terbentuknya Lembaga yang didukung penuh oleh RIAT, Yayasan Brele Mukti Abadi, Bakohumas dan IWAPI ini maka pemenuhan hak penyandang disabilitas khususnya dibidang pengembangan ekonomi, sosial dan budaya dapat terwujud.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan para penyandang disabilitas visual (tuna netra) mampu mandiri dengan pemanfaatan teknologi khususnya internet.

"Saat ini baru 10 orang tunanetra yang menjadi peserta. Nantinya diharapkan acara ini bisa menarik sahabat tuna netra lain untuk ikut serta," ujar Amy.

Sementara itu, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti memberikan apresiasi atas program yang dijalankan oleh RIAT lewat LPED.

"Tentunya kami mendukung. Apalagi ini kegiatan yang positif untuk bangsa," jelas Niken.

Beberapa program yang selama ini dilakukan oleh RIAT diantaranya pelatihan pengenalan internet dan internet marketing bagi penyandang disabilitas tunanetra, diskusi terbatas internet marketing oleh komunitas Kartunet, pelatihan penulisan kreatif "Menulis ala Blogger Reportase" oleh komunitas Blogger Reporter Indonesia.

Sementara itu, Rumah Kreatif Amy Atmanto yang merupakan bagian dari RIAT fokus pada kemajuan industri kreatif, saat ini telah mencetak kurang lebih 800 tuna rungu dan kaum marginal sebagai tenaga siap kerja melalui program pelatihan pasang mote gratis yang lakukan sejak 2008. [adc]

Komentar

 
Embed Widget

x