Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 18:04 WIB

PTM Masih Jadi Penyebab Kematian di Indonesia

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 30 Mei 2017 | 10:50 WIB
PTM Masih Jadi Penyebab Kematian di Indonesia
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti penyakit jantung, kanker, penyakit paru kronik dan diabetes mellitus (DM) saat ini masih menjadi penyebab kematian terbanyak di Indonesia.

Keadaan ini tentu saja merupakan masalah penting dan menjadi beban dalam pelayanan dan pembangunan kesehatan di Indonesia.

"Ancaman PTM terhadap masyarakat di era modern sekarang ini semakin serius. Gaya hidup yang kurang baik seperti merokok, diet yang tidak sehat, maupun kurang aktivitas fisik merupakan beberapa faktor penyebab
tingginya angka PTM di Indonesia," kata ujar dr. Lily Sulistyowati, MM, Direktur Pencegahan & Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI, di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Selasa (30/05/2017).

Banyak orang yang tidak menyadari dirinya sudah terkena PTM. Bahkan di Indonesia tingkat PTM khususnya DM tipe 2, Asma dan PPOK semakin meningkat dan dapat merugikan negara.

"Tentunya berbagai bentuk pengendalian PTM telah dilakukan pihak Kementerian Kesehatan, namun upaya tersebut tentu tidak akan berhasil tanpa dukungan lintas Pemerintah, Swasta, Organisasi dan seluruh lapisan
masyarakat," tambahnnya.

Menyadari bahwa pentingnya kontribusi dalam mendukung kebijakan Kementerian Kesehatan terkait permasalahan PTM, terdapat aplikasi digital yaitu CekGulaKU serta program edukasi berkelanjutan SMART Diabetes, dan yang kedua adalah program Initiative for Health Awareness, Liaising, & Empowerment (INHALE) yang diharapkan dapat menjadi salah satu langkah dalam penanggulangan penyakit tidak menular khususnya penyakit Asma dan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). (tka)

Komentar

 
Embed Widget

x