Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 20 Agustus 2017 | 09:25 WIB

Ini 10 Penyakit Terbanyak pada Lansia

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 29 Mei 2017 | 13:30 WIB
Ini 10 Penyakit Terbanyak pada Lansia
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Terdapat 10 penyakit terbanyak yang kerap terjadi pada lanjut usia (Lansia). Apa saja?

Menurut Siti Setiati Ketua Umum PB PERGEMI, kebanyakanya para lansia mengalami penyakit tidak menular (PTM). Hal ini menjadi salah satu penyebab terjadinya beban pembiayaan Negara lewat BPJS.

"Sepuluh penyakit tersebut antara lain, Hipertensi, Artritis, Stroke, PPOK, Diabetes Melitus, Kanker, Penyakit Jantung Koroner, Batu Ginjal, Gagal jantung, Gagal Ginjal," papar Siti Setiati Ketua Umum PB PERGEMI saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Senin (29/05/2017).

Masih menurutnya, penyakit tidak menular menjadi penyebab utama morbiditas, mortalitas, dan disabilitas pada semua negara, termasuk Indonesia. Kegagalan mengelola pertumbuhan penyakit tidak menular akan berdampakpada biaya yang besar.

"Karena itu, PTM sering disebut penyakit katastrofik. Merokok, aktivitas fisik yang kurang, diet yang tidak tepat, merupakan faktor yang dapat meningkatkan individu menderita PTM," tambahnya.

Karena itu, penting untuk mencegah perkembangan PTM sejak fase kehidupan awal sampai dewasa. Terkadang, tambah Siti, para Lansia memiliki penyakit lebih dari dua jenis.

"Sehingga, para lansia kerap mendapatkan obat lebih dari lima atau bahkan 10 jenis obat. Ini akan membuat para lansia kerap mengalami gangguan ginjal. Untuk itu, diperlukan integrasi yang baik antar dokter di Rumah Sakit untuk mengatasi masalah lansia tersebut," katanya. (tka)

 
Embed Widget

x