Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 00:27 WIB

Mengurangi Kalori Dapat Memperpanjang Hidup

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 29 Mei 2017 | 11:30 WIB
Mengurangi Kalori Dapat Memperpanjang Hidup
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Mengurangi kalori sangat baik untuk kesehatan. Karena itu, Puasa Ramadhan kali ini sangat baik untuk menjaga konsumsi makanan.

Menurut Siti Setiati Ketua Umum PB PERGEMI, yang paling penting adalah ketika berbuka puasa tidak menjadikan sebuah balas dendam karena tidak makan sejak Subuh hingga Magrib. Dengan menjaga konsumsi makanan, akan membuat tubuh menjadi lebih baik dan kesehatan lebih terjadi karena berpuasa selama 30 hari penuh.

Salah satunya adalah dengan mengurangi kalori tetapi tidak mengurangi nutrisi. Kemudian, Anda bisa konsumsi makan tidak banyak dan olahraga yang lebih sering.

"Mengurangi kalori dapat memperpanjang hidup. Ini bisa mendapatkan usia hingga 80 tahun. Kurangi daging, produk susu, dan lainnya," kata Siti Setiati Ketua Umum PB PERGEMI saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Senin (29/05/2017).

Selama 80 tahun, restriksi kalori dipercaya sebagai intervensi yang mampu untuk meningkatkan harapan hidup dan mencegah penyakit terkait menua.

Penelitian restriksi kalori pada hewan coba terbukti positif memperlambat proses dan penyakit terkait menua. Restriksi kalori telah menjadi fokus penelitian di seluruh dunai sejak beberapa tahun terakhir. Namun, masih diperoleh hasil yang inkonsisten pada manusia.

"Salah satu bentuk diet restriksi kalori pada manusia, yaitu diet okinawa. Terdapat the secrets of long life okinawa diet. Terdiri dari konsumsi makanan rendah kalori, tinggi sayuran seperti akar dan sayuran hijau. Tinggi kacang - kacangan terutama konsumsi kedelai. Konsumsi produk ikan, rendak produk daging, rendah produk susu, rendah lemak, rendah karbohidrat, tinggi serat," paparnya. (tka)

Komentar

 
Embed Widget

x