Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 28 Juni 2017 | 19:14 WIB

10 Rahasia Tetap Sehat di Usia Lanjut

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 23 Mei 2017 | 13:00 WIB
10 Rahasia Tetap Sehat di Usia Lanjut
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh ketika memasuki usia lanjut. Apa saja rahasianya?

Menurut dr. Boenjamin Setiawan, pendiri Kalbe, saat ditemui di acara Kalbe memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Jakarta, Senin (22/05/2017) ada 10 rahasia sukses saat menjalani kehidupan di usia lanjut (lansia). Berikut adalah 10 kiat sukses yang bisa dilakukan untuk tetap produktif, efektif, dan aktif di usia senja.

1. Banyak makan buah dan sayur

"Ini penting sekali. Karena di usia senja, para orangtua kerap mengalami masalah sulit buang air besar. Ini sangat penting untuk melancarkan pencernaan," ujar dr. Boenjamin Setiawan.

2. Bekerja

"Jangan berhenti bekerjanya. Untuk bapak - bapak dan ibu- ibu harus tetap aktif bergerak, kerjakan apa saja yang bisa dilakukan," tambah Boenjamin.

3. Belajar

"Duduk di depan komputer belajar. Pergunakanlah komputer untuk mencari informasi," ujarnya.

4. Berolahraga

"Paling sedikit 30 menit. Jalan kaki di pagi hari sangat penting untuk tubuh. Tidak usah olahraga yang berat, cukup dengan jalan kaki paling tidak 30 menit," paparnya.

5. Beristirahat cukup

"Istirahat cukup sangat penting untuk membuat tubuh fit dan sehat. Setidaknya, dalam sehari, Anda dapat beristirahat sekitar 8 jam," ungkapnya.

6. Bersyukur

"Setiap hari harus bersyukur. Karena masih bisa diberikan kesempatan yang baik untuk hidup dan menikmati hidup di usia lanjut," katanya.

7. Beribadah

"Beribadah adalah hal yang paling utama dilakukan. Jangan pernah melewatkan ibadah," paparnya

8. Berbagi

"Berbagi itu penting. selain dana, ide - ide juga dapat Anda bagi ke orang lain, misalnya dengan melakukan kegiatan sosial, atau di lingkungan sekitar rumah," ujarnya.

9. Bergembira

"Jangan merasa sedih. Teruslah bergembira, agar hidup lebih berwarna," katanya.

10. Bersosialisasi

"Ini sangat penting, karena dengan bersosialisasi Anda dapat mengenal orang lain dan memiliki wawasan yang lebih luas," tambahnya. (tka)

 
x