Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 20 Agustus 2017 | 09:26 WIB

Usia Wanita Lebih Panjang 5 Tahun Dibanding Pria?

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 23 Mei 2017 | 11:00 WIB
Usia Wanita Lebih Panjang 5 Tahun Dibanding Pria?
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menurut dr. Boenjamin Setiawan, pendiri Kalbe, terdapat sebuah fakta bahwa para wanita ternyata usianya lebih panjang dari pada usia pria. Para wanita bisa lebih panjang 5 - 10 tahun dari usia pria.

Masih menurut Boenjamin, hingga saat ini dia belum mengetahui secara pasti apa penyebab yang bisa membuat usia para wanita lebih panjang dari pada pria. Yang jelas, menurutnya, para wanita itu sangat istimewa dalam menjalani hidup rumah tangga.

"Para ibu - ibu yang istimewa itu karena mereka dapat mengerjakan apapun lebih dari satu pekerjaan. Bisa mengerjakan 5 - 6 pekerjaan sekaligus. Antar anak sekolah, masak, bersihin rumah, mengurus suami, dll. Kalau bapak - bapak itu hanya mengerjakan satu pekerjaan saja," papar dr. Boenjamin Setiawan, pendiri Kalbe saat ditemui di acara Kalbe memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Jakarta, Senin (22/05/2017).

Hingga saat ini, usia harapan hidup di Indonesia masih mencapai lebih dari 60 tahun. Indonesia saat ini masuk ke dalam negara berstruktur penduduk tua karena memiliki proporsi lanjut usia (Lansia) 60 tahun ke atas, yang besarnya di atas tujuh persen.

Hal tersebut dapat ditunjukkan dari data Susenas tahun 2015, bahwa jumlah Lansia sebanyak 21,5 juta jiwa atau sekitar 8,43 persen dari seluruh penduduk Indonesia pada tahun 2015. Dari data penduduk tersebut menunjukkan bahwa populasi Lansia cenderung meningkat setiap tahunnya. Sehingga, hal tersebut akan diikuti pula dengan meningkatnya masalah lansia. (tka)

 
Embed Widget

x