Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 17 Agustus 2017 | 15:02 WIB

Masalah Kesepian Paling Banyak Dialami Lansia

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 23 Mei 2017 | 08:30 WIB
Masalah Kesepian Paling Banyak Dialami Lansia
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Masalah kesepian hampir banyak dialami Lansia (lanjut usia). Mengapa?

Menurut Prof.Dr.dr. Siti Setiati, SpPD - KGer, M.Epid, FINASIM (Ketua Umum Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia - PERGEMI), masalah kesepian menjadi salah satu penyebab yang kerap dirasakan oleh para lansia. Misalnya, para lansia hanya tinggal bersama suami atau istri saja dalam satu rumah atau apartment. Situasi seperti itu kerap terjadi di kota - kota besar.

"Hampir sama ini situasi yang terjadi di Jakarta. Lansia tinggal di apartement berdua suami dan istri, tetapi anak - anak sibuk sendiri dengan pekerjaan masing - masing," papar Prof.Dr.dr. Siti Setiati, SpPD - KGer, M.Epid, FINASIM (Ketua Umum Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia - PERGEMI) saat ditemui di acara Kalbe memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN), Jakarta, Senin (22/05/2017).

Masih menurutnya, pihaknya pernah melakukan penelitian yang sangat bervariasi. Salah satunya adalah dengan mengukur tingkat kesehatan yang dialami para Lansia.

"Ada yang sangat sehat dan ada yang sangat sakit. Yang betul - betul sehat tanpa penyakit ada sekitar 20 persen, yang sakit itu 60 persen, yang betul - betul sakit itu 20 persen," tambahnya.

Pada acara talk show yang dihadari sekitar 500 orang senior Lansia tersebut, Kalbe mewujudkan komitmennya terhadap kesehatan masyarakat dengan memberikan pelayanan dan edukasi kesehatan. Salah satunya adalah kesehatan lansia.

"Melalui kegiatan edukasi untuk lansia ini, Kalbe terus berupaya memberikan semangat kepada mereka agar tetap aktif dan produktif di usia senja agar tetap bisa berkarya dan bermanfaat bagi lingkungan masyarakat," kata Ridwan Ong, Direktur Marketing Farma PT. Kalbe Farma Tbk. (tka)

 
x