Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 28 Juni 2017 | 19:15 WIB

Penting Atur Pola Hidup Sehat Bagi Penderita GERD

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 22 Mei 2017 | 12:30 WIB
Penting Atur Pola Hidup Sehat Bagi Penderita GERD
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menjalankan pola hidup sehat sangat penting bagi setiap orang. Termasuk orang yang sedang mengalami GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dengan subspesialis gastroenterologi dan hepatologi Digestive Clinic Siloam Hospital Kebon Jeruk (SHKJ), dr. Hardianto, untuk tahap awal pengobatan yang penting bagi para penderita GERD adalah dengan mengatur pola hidup sehat yang baik dan benar. Mulai dari konsumsi makanan, hingga hal - hal lain agar gangguan asam lambung tersebut tidak muncul tiba - tiba.

"Misalnya makan tidak boleh terlalu berlebihan, kemudian tidak berbaring setelah makan minimal 3 jam, selanjutnya konsumsi makanan yang rendah lemak, tidak asin dan terlalu pedas," papar dr. Hardianto di Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, baru - baru ini.

Dia menambahkan, jika cara tersebut belum berhasil, lebih baik para penderita GERD konsumsi obat - obatan yang dianjurkan oleh dokter. Hal ini untuk menjaga diri dan mengatasi gejala - gejala yang timbul mendadak dirasakan oleh para pasien GERD.

Perlu diketahui, GERD adalah sebuah gangguan pencernaan akibat asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan. Ini akan menyebabkan seseorang merasakan nyeri di dada dan kebanyakan orang mengira bahwa ini adalah serangan jantung.(tka)

 
x