Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 28 Juli 2017 | 03:36 WIB

GERD Bisa Terjadi Pada Ibu Hamil

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 22 Mei 2017 | 10:30 WIB
GERD Bisa Terjadi Pada Ibu Hamil
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ada banyak faktor yang menyebabkan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Salah satunya adalah terjadi pada ibu hamil.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam dengan subspesialis gastroenterologi dan hepatologi Digestive Clinic Siloam Hospital Kebon Jeruk (SHKJ), dr. Hardianto, menjelaskan GERD bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti tekanan pada perut ibu hamil yang bertambah seiring pertumbuhan janin. Hal ini akan menyebabkan arus balik isi lambung ke kerongkongan.

"Kemudian, merokok juga dapat memicu kerusakan selaput lendir, meningkatkan sekresi asam, melemahkan LES, dan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung cokelat, bawang merah, bawang putih, teh, kopi, tomat, alkohol, cabai, dan berlebihan dalam konsumsi soda," papar dr. Haridanto di Rumah Sakit Siloam Hospital Kebon Jeruk, Jakarta, baru - baru ini.

Lebih lanjut dia menjelaskan, GERD adalah sebuah gangguan pencernaan akibat asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan. Ini akan menyebabkan seseorang merasakan nyeri di dada dan kebanyakan orang mengira bahwa ini adalah serangan jantung.

Masih menurutnya, penyebab terjadinya GERD juga bisa jadi adanya stres yang terlalu berlebihan. Kemudian, disebabkan jugga oleh konsumsi obat anti darah tinggi, orang yang terkena diabetes, dan konsumsi obat anti diare.(tka)

Tags

 
x