Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 28 Juni 2017 | 17:31 WIB

Intip Peran Vitamin C untuk Tubuh

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 18 Mei 2017 | 14:30 WIB
Intip Peran Vitamin C untuk Tubuh
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Peran vitamin C bagi kesehatan sangat penting. Apa saja?

Menurut DR. Dr. Yustina Anie Indriastuti MSc, SpGK, Wakil Ketua, PP-PDGMI (Pengurus Pusat-Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia), peran suplementasi vitamin C di masa kini, sangat penting.

Dr. Yustina Anie, SpGK mengatakan bahwa manfaat mengonsumsi vitamin C sebagai food supplement untuk meningkatkan daya tahan tubuh, bersifat supplementary, atau sebagai tambahan yang dibutuhkan untuk kondisi khusus.

Misalnya, saat sedang sariawan, sakit flu atau elesma dan kondisi dimana asupan vitamin C dari bahan pangan atau makanan sehari-hari tidak mencukupi. Perlu diketahui, kebutuhan vitamin C pada bayi dan anak-anak, sekitar 40 45 mg/hari, remaja putri, 50 75 mg/hari, remaja putra, 50 90 mg/hari, dan dewasa - Usila: 75 90 mg/hari.

"Pilihan terbaik untuk mencukupi kebutuhan Vitamin C, adalah dengan mengonsumsi aneka ragam makanan dengan mengikuti pola makan gizi seimbang, sebagai salah satu perilaku gaya hidup sehat," papar Dr. Yustina Anie, SpGK di acara Holisticare EsterC aman di Lambung, nyaman di hati resmi terima sertifikasi halal dari LPPOM MUI, seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Kamis (18/05/2017).

Sedangkan menurut Monica Katrin, food supplement mempunyai fungsi penting untuk membantu memastikan tubuh memperoleh pasokan nutrisi yang dibutuhkan. Dengan kondisi gaya hidup di kota besar yang serba instan dan penuh dengan kesibukan, kebutuhan nutrisi harus dipenuhi oleh food supplement yang tepat.

"Salah satu nutrisi mendasar yang dibutuhkan adalah vitamin C. Beberapa fungsi mendasar vitamin tersebut adalah menjaga daya tahan tubuh, sebagai pendukung, pengatur, dan penjaga keseimbangan metabolisme, serta mempercepat proses perbaikan sel-sel yang rusak," ujar Monica Katrin.

Jangan lupa, melakukan aktivitas fisik atau olah raga secara teratur dan menghindari tress berlebih. Dengan menerapkan Gaya Hidup Sehat sebagai bagian dari keseharian, akan meningkatkan kebugaran, tubuh menjadi sehat, pikiran jernih serta jauh dari penyakit. Konsultasikan ke dokter atau ke ahlinya bila hendak mengonsumsi food supplement untuk menjaga keamanan. (tka)

 
x