Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 20 Agustus 2017 | 05:32 WIB

Faktor Genetik Jadi Penyebab Timbulnya Alergi

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 17 Mei 2017 | 04:00 WIB
Faktor Genetik Jadi Penyebab Timbulnya Alergi
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Banyak penyakit yang ditimbulkan dari faktor gentik. Hal tersebut antara lain asma, rinitis alergi, alergi makanan dan masih banyak lagi.

Menurut DR. Dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K) selaku Konsultan Alergi Imunologi Anak, menjelaskan penyakit alergi seperti asma, rinitis alergi, alergi makanan, dermatitis atopik serta alergi protein susu sapi merupakan kasus alergi yang paling banyak diderita.

"Faktor risiko berkembangnya alergi dapat berasal dari faktor genetik yakni keluarga dengan riwayat positif alergi. Jika kedua orang tua tidak memiliki alergi maka risiko alergi yang diturunkan, hanya sebesar 5 persen sampai 15 persen," kata DR. Dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K) selaku Konsultan Alergi Imunologi Anak pada acara Morinaga Allergy Week 2017 persembahkan Platinum Kids Olympics, Jakarta, baru - baru ini.

Masih menurutnya, jika dalam keluarga memiliki satu saudara kandung yang positif alergi, maka risiko alergi yang diturunkan sekitar 25 persen sampai 30 persen. Sementara itu, jika salah satu orang tua memiliki alergi maka risiko alergi yang diturunkan sebesar 20 persen sampai 40 persen.

Kemudian, jika kedua orang tua memiliki riwayat alergi maka risiko alergi yang diturunkan sebesar 40 persen sampai 60 persen. Akan tetapi, risiko tersebut meningkat hingga 80 persen bila kedua orangtua menderita gejala alergi yang sama.

Kasus alergi pada anak yang sering terjadi adalah alergi protein susu sapi yang umumnya terjadi pada anak yang tidak mendapatkan Air Susu Ibu (ASI). Karena itu, alergi protein susu sapi dapat diatasi dengan cara memberikan ASI eksklusif bagi anak.

Jika ibu tidak dapat memberikan ASI, anak dapat diberikan susu yang telah diformulasikan secara khusus seperti susu dengan protein yang telah dihidrolisis atau susu soya atau susu asam amino.

Pentingnya isu mengenai alergi yang tidak diatasi dengan baik karena kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai alergi pada Si Kecil, merupakan salah satu motivasi Morinaga dalam menjalankan kampanye tahunan Semua Dari Ingin Tau. Tahun ini, kampanye Semua Dari Ingin Tau mempersembahkan program Platinum Kids Olympics yang terdiri dari 3 langkah TAU-CEGAH & ATASI-SEBAR. (tka)

 
Embed Widget

x