Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 19:44 WIB

Intip Rahasia Sehat Menjalankan Puasa Ramadhan

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 16 Mei 2017 | 15:30 WIB
Intip Rahasia Sehat Menjalankan Puasa Ramadhan
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pola makan sehat saat berpuasa adalah memberikan kesempatan kepada organ pencernaan beristirahat selama lebih kurang 14 jam.

Menurut ahli gizi DR. (c). Rita Ramayulis, DCN, M. Kes, saat berpuasa seharian, terjadi proses regenerasi pankreas, hati, ginjal, lambung, dan organ tubuh lainnya. Mereka akan menyesuaikan dengan tubuh dan bekerja lebih lamban dari biasanya karena asupan makanan yang sangat terbatas.

"Tidak ada perbedaan antara puasa dan tidak puasa. Kalau kita lihat perbedaan, saat kita berpuasa kita memiliki kesempatan makan lebih sedikit waktunya. Seperti saat sahur, buka, dan setelah tarawih. Kebutuhan energi kita sangat sedikit. Jadi saat kita berpuasa organ kita bekerja sangat pelan. Ini sangat cocok dengan jam makan kita yang sedikit," papar Rita saat ditemui di acara Philips, Jakarta, Senin (15/05/2017).

Masih menurutnya, dengan berpuasa justru tubuh dan organ - organ mengalami detoksifikasi secara alami. Ketika orang berpuasa dan tetap menjaga asupan makanan yang sehat, maka puasa akan berhasil dan tidak akan meningkatkan berat badan.

"Jika ada orang yang bilang, dengan berpuasa malah memiliki berat badan yang bertambah, berarti ada yang salah dalam pola makanan dan asupannya. Yang terpenting adalah perhatikan pengganggian cairan yang hilang dalam tubuh dengan konsumsi buah - buahan atau bisa dijuga dengan konsumsi kurma seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW," tambahhya. (tka)

Komentar

 
Embed Widget

x