Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 06:19 WIB

Hobi Olahraga Sepeda, Sebaiknya Perhatikan Hal Ini

Oleh : Aris Danu | Senin, 15 Mei 2017 | 20:54 WIB
Hobi Olahraga Sepeda, Sebaiknya Perhatikan Hal Ini
(Foto: Inilahcom/Aris Danu)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta-Bersepeda merupakan salah satu olahraga ringan namun besar manfaatnya untuk membakar kalori. Tak heran jika saat ini sepeda banyak diminati oleh masyarakat untuk berolahraga dengan santai.

Selain manfaatnya terhadap kesehatan, dalam melakukan olahraga sepeda patut juga diperhatikan kelengkapannya. Seperti alat pelindung kepala atau helm dan juga masker. Bukan itu saja, sepeda yang digunakan juga harus diperhatikan kelayakannya. Sebaiknya, sepeda harus yang sudah memiliki label SNI.

Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya mengimbau masyarakat untuk menggunakan sepeda yang memiliki label SNI untuk melindungi masyarakat yang gemar bersepeda.

"Sekarang olahraga sepeda sudah jadi gaya hidup warga Jakarta. Anak-anak juga senang main sepeda. Namun, ada baiknnya menggunakan sepeda yang sudah ada SNI-nya. Karena ada tahapan pengujian sebelum suatu produk mendapatkan sertifikat SNI," kata Bambang di sela acara "Edukasi BSN Lewat Funbike" yang diikuti ribuan peserta di Jakarta, Minggu (14/5/2017).

Bambang menambahkan, kesadaran masyarakat dalam menggunakan barang ber-SNI masih cukup rendah. Oleh karena itu pihaknya memberikan kesadaran kepada masyarakat, khususnya orangtua ketika membelikan sepeda kepada anaknya agar memperhatikan label SNI.

"Orang tua yang anak-anaknya senang bersepeda, tolong belikan buah hatinya sepeda ber-SNI," ucapnya.

Ada beberapa standar yang ditetapkan BSN atas sepeda. Yaitu persyaratan keselamatan desain, perakita, cara uji sepeda utuh atau bagian dari sepeda utuh, persyaratan buku petunjuk yang harus ada untuk sepeda.

"Standar ini berlaku untuk sepeda roda dua yang memenuhi salah satu syarat punya ketinggian sadel pada posisi tertinggi 635 mm atau lebih atau untuk dipergunakan di jalan raya," tandasnya.

Karena ini menyangkut keselamatan, kata Budi, pemerintah memberlakukan SNI Sepeda Roda Dua secara wajib. [adc]

Tags

 
x