Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 27 September 2017 | 04:36 WIB

Ini Cara Cegah Infeksi di Fasilitas Kesehatan

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 12 Mei 2017 | 06:15 WIB
Ini Cara Cegah Infeksi di Fasilitas Kesehatan
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menjaga agar tidak terjangkit infeksi di fasilitas kesehatan sangat penting. Terlebih karena fasilitas kesehatan digunakan oleh banyak orang.

Menurut ketua umum Perhimpunan Pengendalian Infeksi Indonesia (PERDALIN/INASIC), Dr. dr. Hindra Irawan Satari, SpA(K), M. Trop Paed menjelaskan standardisasi fasilitas kesehatan sangatlah penting sebab infeksi nosocomial bersifat iatrogenik. Ini dapat terjadi pada saat tenaga kesehatan menggunakan peralatan medis untuk merawat pasiennya.

"Misalnya saat penggunaan kateter, pemasangan infus, dan penggunaan peralatan medis lainnya. Infeksi saluran kemih biasanya menjangkit pasien pada saat menggunakan alat kateter dan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan berdampak pada meningkat biaya medis serta efek samping lainnya seperti sepsis dan bahkan kematian," papar ketua umum Perhimpunan Pengendalian Infeksi Indonesia (PERDALIN/INASIC), Dr. dr. Hindra Irawan Satari, SpA(K), M. Trop Paed saat ditemui di acara B.Braun melanjutkan komitmen untuk mencegah infeksi di Indonesia selama 10 tahun, Jakarta, Rabu (10/05/2017).

Karena itu, masih menurutnya, para petugas kesehatan harus benar - benar memperhatikan dan menerapkan prakter hand hygiene agar tidak terjadi infeksi yang mematikan.

"B.Braun sebagai anggota Private Organizations for Patient Safety (POPS) berkomitmen mendukung kampanye WHO dalam rangka mengedukasi para petugas kesehatan agar dapat menerapkan prakter tersebut hingga tepat dan sesuai standar demi mencegah terjadinya penyebaran infeksi nosokomial," tambahnya. (tka)

 
Embed Widget

x