Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 06:23 WIB

Cegah Penyakit Tidak Menular

Konsumsi Cukup Serat Setiap Hari

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 9 Mei 2017 | 10:45 WIB
Konsumsi Cukup Serat Setiap Hari
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Serat memang menjadi salah satu peran penting untuk menjaga kesehatan pada tubuh. Karena itu, konsumsi serat setiap hari harus mencukupi.

Menurut Dokter Gizi, Rida Noor Sp.GK, konsumsi serat tidak hanya baik untuk pencernaan tetapi juga sangat baik untuk organ tubuh. Misalnya, jantung, ginjal, dan lainnya.

Penyakit degenaratif dan penyakit tidak menular kini menjadi tren yang sangat tinggi di masyarakat Indonesia. Karena itu, masyarakat harus benar - benar menjaga kesehatan tubuh. Dengan konsumsi serat yang cukup, dapat mencegah penyakit degeneratif seperti stroke, jantung, diabetes, ginjal, dan lainnya.

"Setidaknya dalam sehari minimal konsumsi buah dan sayur, empat sampai lima porsi. Jumlah tersebut terbagi mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, hingga dua kali camilan," kata Rida Noor saat ditemui di acara Kalbe edukasi pentingnya asupan sayur dan buah melalui produk Vegie Fruit, Jakarta, baru - baru ini.

Perlu diketahui, berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2010. sekitar 93,5 persen penduduk Indonesia tidak cukup untuk konsumsi sayur dan buah. Karena itu, yang perlu diperhatikan adalah konsumsi untuk balita dan anak usia sekolah dianjurkan 300-400 gram per orang per hari.

Kemudian untuk para remaja dan orang dewasa, bisa konsumsi buah dan sayur sebanyak 400 - 600 gram per orang per hari. (tka)

 
x