Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Oktober 2017 | 00:28 WIB

Jalankan Hidup Sehat

Penderita Prediabetes Tidak Perlu Gunakan Obat

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 5 Mei 2017 | 02:00 WIB
Penderita Prediabetes Tidak Perlu Gunakan Obat
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Prediabetes pencetus penyakit Diabetes Melitus tipe2 (DMT2) yang menjadi permasalahan kesehatan global. Hal ini kerap ditemukan di Indonesia. Para penderita prediabtes tidak perlu menggunakan obat.

Menurut dr. Widyastuti MKM Kepala bidang P2P Dinas Kesehatan Jakarta,orang yang sudah mengetahui bahwa dirinya mengalami prediabetes itu tidak perlu menggunakan obat. Hal ini bisa diatasi dengan hanya menjalankan gaya hidup sehat.

"Banyak yang bisa dilakukan. Misalnya, seperti biasakan diri untuk berjalan dari tempat kerja ke parkiran. Ini adalah cara untuk memaksa kita bergerak. Olahraga yang teratur dan cermati asupan makanan setiap hari," papar dr. Widyastuti MKM Kepala bidang P2P Dinas Kesehatan Jakarta saat ditemui di acara Nutrifood Deteksi Dini dan Pencegahan Prediabetes di kantor Dinas Kesehatan Jakarta, Kamis (04/05/2017).

Masih menurutnya, prediabetes bisa terjadi juga karena adanya kebiasaan yang dilakukan sejak kecil. Ini menjadi sebuah hal yang mungkin pernah atau sering dilihat di kehidupan sehari - hari.

"Biasanya orang- orang picky eater atau orang yang susah makan atau hanya suka makanan jenis tertentu saja. Seperti makan sambil duduk dan nonton. Ini sangat berpengaruh pada anak - anak," katanya.

Selain itu, pola gaya hidup yang sehat ternyata tidak diterapkan sejak kecil juga menjadi salah satu faktor timbulnya prediabetes. Ini kerap terjadi pada masa kini karena orang tua sering memanjakan anak dengan bermain gadget atau gawai.

"Kadang orang tua suka memberikan makanan junkfood kepada anaknya dan kemudian memanjakan dengan penberian gadget (gawai). Ini cikal bakal anak - anak yang kerap jadi malas bergerak," tambahnya. (tka)

Komentar

 
Embed Widget

x