Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 21:03 WIB

Majukan Bidang Kesehatan

Ini Penghargaan untuk Para Inovator Dunia Medis

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 2 Mei 2017 | 22:50 WIB
Ini Penghargaan untuk Para Inovator Dunia Medis
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Inovasi dalam dunia kesehatan selalu muncul dan sangat diharapkan. Hal ini erat kaitannya dengan membantu peningkatan kesehatan masyarakat.

Dengan memiliki misi untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan kesehatan Indonesia, Indonesia Healthcare Forum program CSR dari PT IDS Medical Systems Indonesia, akan mengadakan program penghargaan IndoHCF Innovation Award diadakan sebagai sumbangsih dari IndoHCF untuk ikut mendukung perkembangan dunia Kesehatan di Indonesia, khususnya dalam pelaksanaan program pemerintah dan inovasi oleh anak bangsa.

"Ini penghargaan yang pertama dan kami melihat peserta yang ikut cukup tinggi. Sebelum ajang ini, para inovator lokal langsung mengikuti ajang lomba di level international. Mereka berhadapan dengan produk yang lebih tinggi kualitasnya," kata Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS perwakilan Indonesia HealthCare Forum, Jakarta, Selasa (02/05/2017).

Masih menurutnya, dengan mengangkat para inovator lokal lewat ajang ini, pihaknya berharap inovasi yang ada bisa dimanfaatkan untuk wilayah lokal juga. Terlebih, dengan harga yang dijual bisa terjangkau.

Untuk penghargaan tersebut, terdapat lima kategori. Diantaranya, inovasi SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu) Pra-RS, Inovasi Program KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), Inovasi Alat Kesehatan, Inovasi E-Health, dan Inovasi Seni Kreasi Promosi Kesehatan.

Untuk lima kategori tersebut, kriteria yang akan dinilai oleh tim juri antara lain, untuk Inovasi SPGDT mencakup aspek Manajemen (legal dan anggaran), Sarana Prasarana dan Peralatan (bangunan, ambulans dan peralatan, serta sistem komunikasi), SDM operator dan diklat, Pelayanan (waktu, jenis, jejaring kerja, dan SOP).

Kriteria untuk Inovasi KIA mencakup Analisis Masalah, Dampak dan Sasaran Program, Legalitas, Pengembangan, Manfaat, Originalitas dan Keunggulan, Sumber Daya, serta Evaluasi.

Kriteria Inovasi Alat Kesehatan mencakup Ketepatan dalam implementasi dan kebutuhan, Daya saing, Analisa masalah, Bentuk dan keamanan produk, Potensi manfaat dan pengembangan, Originalitas dan keunikan, Evaluasi, dan Fabrikasi.

Kriteria E-health mencakup Analisis Masalah, Dampak dan Sasaran Program, Konsep, bentuk, dan cara kerja, Originalitas dan keunggulan, Pembiayaan, Evaluasi, Rencana penerapan dan manfaat.

Krieria Inovasi Seni Kreasi Promosi Kesehatan mencakup Analisa permasalahan, Originalitas dan keunikan, Nilai seni kreasi, dan Evaluasi.(tka)

 
Embed Widget

x