Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 September 2017 | 23:57 WIB

Kendalikan Asma Agar Tidak Timbul Stres

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 2 Mei 2017 | 18:50 WIB
Kendalikan Asma Agar Tidak Timbul Stres
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Penyakit asma termasuk penyakit tidak menuluar. Asma juga banyak diderita oleh anak - anak.

Menurut data dari Riskesdas 2013 menunjukkan bahwa serangan asma pada anak akan menyebabkan bolos sekolah sekitar 5 - 7 hari dalam setahun pada setiap anak. Menurut Dr Lily S. Sulistyowati MM, selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit tidak Menular, menjelaskan angka kejadiannya belum terlalu tinggi, sekitar 4 persen.

"Seperti penyakit tidak menular lain, asma kronis juga menimbulkan stress pada penderitanya, selama penyakit tidak terkendali," kata Dr Lily S. Sulistyowati MM saat ditemui di acara penanganan tepat meningkatkan kualitas hidup anak dengan asma, Jakarta, Selasa (02/05/2017).

Gejala utama asma adalah sesak dan batuk. Meski tidak terlalu tinggi menyebabkan kematian, hanya 1 dari 250 namun penyakit ini menurunkan kualitas hidup terutama pada anak dapat menghambat tumbuh kembang.

Selain menurunkan kualitas hidup, asma juga menyebabkan beban ekonomi yang tidak sedikit.
Dr Lily mengingatkan bahwa asma seperti halnya penyakit tidak menular, juga menimbulkan beban biaya yang tidak sedikit, sehingga pencegahan sangat penting.

"Salah satunya menghindari polusi udara seperti rokok. Masalahnya di Indonesia banyak usia anak yang mulai merokok," tambah Lily.(tka)

 
x