Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 22:48 WIB

Asma Tak Bisa Disembuhkan Tapi Dikendalikan

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 2 Mei 2017 | 17:45 WIB
Asma Tak Bisa Disembuhkan Tapi Dikendalikan
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Penyakit asma tidak bisa disembuhkan, namun hal tersebut bisa dikendalikan. Bagaimana caranya?

Menurut dr. Darmawan B.Setyanto, SpA(K), Dokter Spesialis Respirasi Anak, yang paling terpenting menghadapi penyakit asma adalah cara pengendalian dengan menhindari pencetusnya. Jika hal ini dilakukan dengan benar dan terlaksana, maka asma tidak akan kambuh.

"Ada beberapa pencetus asma. Diantaranya adalah asap rokok, polusi kendaraan bermotor, debu di rumah, berbagai jenis makanan, pengawet, penyedap makanan, dan lain - lain," kata dr. Darmawan B.Setyanto, SpA(K), Dokter Spesialis Respirasi Anak saat ditemui di acara penanganan tepat meningkatkan kualitas hidup anak dengan asma, di Jakarta, Selasa (02/05/2017).

Masih menurutnya, asma memiliki gambaran klasik yaitu sesak napas dan bunyi ngik-ngik. Dr. Darmawan juga menambahkan asma adalah pennyakit saluran napas dengan dasar radang menahun yang mengakibatkan obstruksi atau sumbatan dan hipereaktivitas saluran napas dengan derajat yang bervariasi.

Asma adalah penyakit kronik menahun tersering di dunia, menyerang anak maupun dewasa. Organ perapasan dibagi dua yaitu saluran pernapasan dari hidung sampai trakea atau cabang paru, dan paru-paru. Di dalam paru sendiri ada kantong-kantong udara atau alveoli. Asma menyerang saluran pernapasan terutama di cabang bronkus berupa radang menahun.

Selain meradang, otot-otot juga menjadi mengkerut. Bunyi ngik-ngik adalah efek saluran udara yang menyempit. (tka)

Komentar

 
Embed Widget

x