Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 28 Juni 2017 | 19:16 WIB

Masalah Asma Pada Anak kerap Salah Diagnosa

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 2 Mei 2017 | 16:15 WIB
Masalah Asma Pada Anak kerap Salah Diagnosa
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Masalah asma pada anak di Indonesia kerap mengalami under diagnosis. Hal ini karena banyak anak yang mendapatkan diagnosis tuberculosis (TB) bukan asma.

Menurut dr. Darmawan B.Setyanto, SpA(K), Dokter Spesialis Respirasi Anak, tidak hanya itu, masalah asma pada anak kerap tidak teratasi karena orangtua sangat kurang mengerti bagaimana cara mengatasinya. Kemudian, ketersediaan obat yang ada dan biaya obat asma sangat mahal dan sulit terjangkau.

"Masalah lainnya adalah kesadaran para orangtua untuk keteraturan menjalankan perintah dari dokter sangat kurang. Keteraturan dalam menjalankan pengobatan dan lainnya," papar dr. Darmawan B.Setyanto, SpA(K), Dokter Spesialis Respirasi Anak, saat ditemui di acara Penanganan tepat meningkatkan kualitas hidup anak dengan asma, Jakarta, Selasa (02/05/2017).

Kemudian, untuk kepatuhan makanan juga sangat perlu diperhatikan. Terkadang, para orangtua pun kerap melanggar pencetus dari timbulnya asma pada anak.

"Misalnya, sudah tahu anaknya tidak boleh makan MSG, tapi orangtua sering mengajak anak ke restoran yang banyak mengandung MSG," tambahnya.(tka)

 
x