Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 28 Juli 2017 | 03:42 WIB

Cegah Diabetes Sejak Dini

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 25 April 2017 | 06:30 WIB
Cegah Diabetes Sejak Dini
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Bertempat di area Ruang Terbuka Hijau Kalijodo, Tropicana Slim, mengajak masyarakat untuk memeringati Hari Diabetes Nasional, yang jatuh pada 18 April lalu.

Melalui kegiatan dengan tema #BeatDiabetes dengan aksi senam sehat bersama dan pemeriksaan gula darah secara gratis kepada peserta. Kegiatan ini melibatkan hingga 10.000 peserta dari seluruh Indonesia, mulai dari Bandung, Jabodetabek, Tasikmalaya, Sukabumi, Cirebon, Karawang, Surabaya, hingga Batam.

Memanfaatkan momen Hari Diabetes Nasional, Tropicana Slim secara konsisten ingin terus menginspirasi masyarakat Indonesia agar aktif memerangi diabetes, melalui aktivitas fisik dan pengecekkan gula darah secara rutin.

Noviana Halim, Brand Manager dari Tropicana Slim menyampaikan, "Mengangkat tema #BeatDiabetes, dimana beat dalam bahasa Indonesia berarti pukul, lawan, ataupun mengalahkan, kami akan melakukan pemukulan atau penghancuran tulisan diabetes raksasa, yang secara simbolik menyatakan komitmen Tropicana Slim untuk terus memerangi penyakit diabetes.

Selain kegiatan ini, bentuk komitmen dalam memerangi diabetes juga ditunjukkan Tropicana Slim dengan mendukung pengadaan alat pengecekkan gula darah serta penyedian 3600 strip cek gula darah yang diserahkan kepada Center for Indonesia's Strategic Development Initiative untuk dialokasikan di sembilan Puskesmas daerah penempatan Pencerah Nusantara, yang tersebar di daerah-daerah terpencil di seluruh Indonesia.

"Ini juga menjadi salah satu cara Tropicana Slim untuk terus mengkampanyekan ajakan pemeriksaan gula darah sejak dini dan secara rutin kepada masyarakat. Pengecekkan gula darah secara gratis akan dilakukan untuk warga di daerah-daerah tersebut selama bulan April ini."

"Data International Diabetes Federation (IDF) menunjukkan, pada tahun 2015, 10 juta masyarakat Indonesia telah mengidap diabetes. Meskipun penyakit diabetes (tipe 2) dipengaruhi faktor genetik, namun faktor gaya hidup, seperti pola makan dan aktivitas fisik, juga memiliki peranan penting," kata Noviana seperti yang dikutip dari siaran pers, Jakarta, Selasa (25/04/2017).

Mereka yang memiliki berat badan berlebih akan memiliki risiko terkena diabetes hingga 7 kali lipat lebih tinggi. Bahkan, bagi mereka yang obesitas, risikonya akan lebih besar lagi, hingga 20-40 kali lipat lebih berisiko mengidap diabetes .

Karena itu, salah satu tips pencegahan penyakit diabetes adalah dengan aktif bergerak yang dipercaya dapat membantu memperbaiki kontrol kadar gula darah, serta membakar kalori guna menjaga dan menurunkan berat badan.

"Kami berharap para peserta dapat terinspirasi dari kegiatan senam sehat hari ini, agar bisa secara rutin berolahraga sebagai salah satu langkah preventif terhadap penyakit diabetes"," ujar Noviana.

Noviana menambahkan, menurut data Kementerian Kesehatan Indonesia juga menunjukkan bahwa pada tahun 2013, sekitar 2 dari 3 penderita diabetes di Indonesia tidak menyadari bahwa dirinya terkena diabetes. Karena itu, pemeriksaan kadar gula darah sejak dini dan secara rutin penting dilakukan karena penyakit diabetes tidak memiliki gejala pada tahap awal.

Dengan adanya deteksi dini, para diabetesi dapat mendapat penanganan sejak awal sehingga timbulnya komplikasi dapat dicegah. Selain itu, bagi mereka yang terdeteksi prediabetes juga dapat ditangani segera agar tidak berkembang menjadi diabetes."(tka)

 
x