Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 23 Juni 2017 | 15:37 WIB

Konsumsi Ubi Merah Baik untuk Kesehatan Otak

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 21 April 2017 | 11:30 WIB
Konsumsi Ubi Merah Baik untuk Kesehatan Otak
(Foto: zeenews)
facebook twitter

INILAHCOM, New York - Beetroot atau biasa dikenal dengan ubi merah sangat baik ketika dikonsumsi untuk kesehatan otak orang dewasa.

Mengutip dari zeenews, Jumat (21/04/2017), konsumsi jus ubi merah sebelum berolahraga dapat membuat otak orang dewasa lebih efisien. Hal ini juga akan membuat fungsi otak lebih muda.

Apakah Anda ingin meningkatkan kekuatan otak Anda? Jika ya, kemudian mulai mengkonsumsi jus ubi merah setiap hari sebelum bekerja, atau keluar rumah. Hal itu akan membuat otak Anda lebih muda.

Untuk menemukan hal tersebut, peneliti dari Wake Forest University di Amerika Serikat mempelajari kira-kira 26 pria dan wanita usia 55 dan lebih tua yang tidak berolahraga, memiliki tekanan darah tinggi dan mengambil tidak lebih dari dua obat untuk tekanan darah tinggi.

Peserta minum suplemen jus ubi merah yang disebut bit-It. Konsumsi tiga kali seminggu selama enam minggu, satu jam sebelum berjalan cukup intens, 50 menit di treadmill.

Setengah peserta menerima bit-It itu yang mengandung 560 milligram nitrat, yang lain menerima plasebo bit-it dengan sangat sedikit nitrat.

Para peneliti mengatakan, ketika Anda latihan, otak somatomotor korteks, yang memproses informasi dari otot-otot, memilah isyarat yang datang dari tubuh. Latihan harus memperkuat korteks somatomotor.

Jadi, menggabungkan jus bit dengan latihan memberikan bahkan lebih banyak oksigen ke otak dan menciptakan lingkungan yang sangat baik untuk memperkuat korteks somatomotor.

Pasca latihan analisis menunjukkan bahwa, meskipun kelompok belajar memiliki tingkat yang sama nitrat dan nitrit dalam darah sebelum minum jus, kelompok jus ubi merah memiliki tingkat jauh lebih tinggi nitrat dan nitrit daripada kelompok plasebo setelah latihan.

Beetroot mengandung tingkat tinggi asupan nitrat, yang dikonversi menjadi nitrit dan nitrat oksida (NO) ketika dikonsumsi.

Para peneliti mengatakan, oksida nitrat meningkatkan aliran darah dalam tubuh, dan beberapa studi telah menunjukkan itu dapat meningkatkan kinerja latihan orang dari berbagai usia.

"Nitrat oksida adalah sebuah molekul yang benar-benar kuat. Pergi ke daerah tubuh yang hipoksia, atau membutuhkan oksigen, dan otak yang berat pengumpan oksigen dalam tubuh Anda," kata W Jack Rejeski dari Wake Forest University.

"Kami tahu, beberapa studi menunjukkan bahwa latihan memiliki efek positif pada otak. Tapi apa yang kita tunjukkan dalam studi pelatihan singkat ini dari hipertensi dewasa bahwa, dibandingkan dengan latihan sendirian, menambahkan suplemen jus bit akar untuk latihan mengakibatkan konektivitas otak yang menyerupai apa yang Anda lihat pada orang dewasa muda," tambahnya. (tka)

 
Embed Widget

x