Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 28 Juni 2017 | 19:09 WIB

Ini Bukti Kebangkitan Wanita Indonesia

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 13 April 2017 | 12:30 WIB
Ini Bukti Kebangkitan Wanita Indonesia
(Kiri-Kanan) -Hanna Handayani, Johanna Gani, Managing Partner Grant Thornton Indonesia, Bapak Tagor Sigiro - (Foto: Dok/Grant Thornton)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Perjuangan sosok pahlawan R.A Kartini menjadi inspirasi dan tonggak kebangkitan wanita Indonesia. Terbukti, bahwa wanita Indonesia bisa menunjukkan kemampuannya di tingkat dunia.

Hal tersebut tersirat dalam sebuah hasil laporan tahunan terbaru yaitu Woman in Business yang dikeluarkan oleh Grant Thornton. Pada hasil laporan tersebut menjabarkan posisi senior yang paling banyak dijabat oleh wanita.

Untuk di Indonesia, wanita di jajaran puncak perusahaan memiliki jabatan CFO sebesar 20 persen, kemudian posisi yang swlama ini cukup didominasi oleh pria yaitu COO 14 persen, CIO sekitar 8 persen dan CEO sekitar 6 persen.

"Jabatan jumlah wanita yang tertinggi adalah Rusia. Tapi kalau di Asia Pasific itu kita nomor satu. Kalau Rusia itu menganut sosialis. Tetap untuk peringkat yang rendah seperti Jepang dan India mungkin dipengaruhi karena lebih sedikit wanitanya dan menganuh paham patrialisme. Kaum pria selalu di depan," kata Hanna P Handayani partner Grant Thornton An Instinct for Growth saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (12/04/2017).

Beberapa faktor melatar belakangi lahirnya para pemimpin wanita dalam sebuah perusahaan. Masih menurut Hanna, karakter kuat dari seorang wanita dapat melahirkan sesuatu yang positif bagi lingkungan pekerjaannya.

"Wanita pada umumnya memiliki intuisi. Bisa bergerak pada intuisi. Kalau pria itu berpikir pada satu dan mencari resiko. Kalau perempuan berfikir terlebih dahulu baru bertindak. Wanita itu lebih bisa mengajari mengayomi dan lebih peka. Bisa lebih mendengar dan bersikap fleksible," tambahnya.

Dari hasil survey yang digelar pada Oktober - Desember 2016, terdapat beberapa bidang yang dikuasai oleh wanita. Antara lain, travel dan kepariwisataan 37 persen, transportasi 29 persen, bidang bangunan dan perumahan 20 persen, pertanian atau pertambangan 19 persen, serta Jasa keuangan 18 persen.(tka)

 
Embed Widget

x