Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 28 Juni 2017 | 14:10 WIB

Ini Faktor Pengaruh Kualitas Hidup di Hari Tua

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 12 April 2017 | 08:30 WIB
Ini Faktor Pengaruh Kualitas Hidup di Hari Tua
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, London - Jika Anda ingin menjalani kehidupan yang baik dan sehat di usia tua, Anda bisa memperolehnya dari sekarang. Bagaimana caranya?

Mengutip dari zeenews, Rabu (12/04/2017), Anda bisa memperoleh nilai yang lebih tinggi pada keterampilan hidup seperti kestabilan emosi, tekad, kontrol, optimisme dan kehati- hatian.

Studi menunjukkan bahwa orang lebih mungkin untuk mengalami berbagai manfaat kesehatan dan hasil sosial yang positif di usia tua mereka.

Temuan menunjukkan bahwa orang yang memiliki keterampilan hidup, lebih menikmati berbagai manfaat, termasuk stabilitas keuangan yang lebih besar, kurangnya depresi, isolasi sosial yang rendah, kesehatan yang lebih baik dan lebih sedikit mengalami penyakit kronis.

Andrew Steptoe, profesor di University College London mengatakan, semua efek tergantung pada akumulasi keterampilan hidup.

Untuk penelitian ini, para akademisi melihat dampak dari atribut ini di lebih dari 8.000 pria dan wanita berusia 52 dan lebih tua.

Orang-orang dengan keterampilan hidup lebih diuntungkan dari menguntungkan objektif biomarker dalam darah, termasuk tingkat yang lebih rendah kolesterol dan reaktif protein, penanda peradangan yang relevan untuk beberapa penyakit yang berbeda.

Mereka memiliki lingkar pinggang yang lebih kecil, di mana akumulasi lemak sangat relevan dengan penyakit metabolik dan kardiovaskular, daripada orang-orang dengan beberapa keterampilan hidup.

Para peneliti mengatakan, orang-orang dengan keterampilan lain juga berjalan lebih cepat daripada orang-orang dengan lebih sedikit memiliki ketrampilan. Kecepatan berjalan adalah objektif mengukur memprediksi masa depan kematian dalam sampel populasi yang lebih tua.

"Kami terkejut oleh berbagai proses ekonomi, sosial, psikologis, biologi, dan kesehatan dan Cacat terkait yang tampaknya terkait dengan kecakapan hidup ini. Penelitian kami menunjukkan bahwa mendorong dan mempertahankan keterampilan ini dalam kehidupan dewasa mungkin berkaitan dengan kesehatan dan kesejahteraan pada usia yang lebih tua," tambah Steptoe.

 
x