Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 07:17 WIB

Tetap Aktif Bergerak Meski di Rumah

Oleh : - | Selasa, 11 April 2017 | 05:00 WIB
Tetap Aktif Bergerak Meski di Rumah
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

BAGI perempuan yang mengerjakan aktivitas rumah seabreg, ajakan untuk berolahraga sepertinya sebuah hal sulit untuk diikuti. Sibuk dan malas menjadi alasan utamanya. Padahal siapapun harus menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar tetap sehat guna menunjang aktivitasnya sehari-hari.

Olahraga bagi kaum perempuan sangat penting. Banyak manfaat yang dirasakan, bisa menjaga kebugaran, membantu membakar kalori, dan jantung menjadi lebih sehat. Dengan berolahraga teratur tubuh akan melepaskan endorphin, senyawa kimia yang dihasilkan di otak sehingga membuat Anda rileks, sehingga akan memberikan tenaga pada tubuh.

Olahraga secara teratur juga membantu menjaga berat badan ideal. Kalaupun melakukan diet, tidak akan maksimal hasilnya tanpa dibarengi dengan berolahraga. Tubuh yang terus bergerak juga membantu mengurangi radikal bebas di dalam tubuh, sirkulasi darah menjadi lancar sehingga memacu produksi kolagen yang ikut membantu kulit menjadi kencang.

Bagi kaum perempuan, olahraga juga bisa membantu menghindari beberapa penyakit di antaranya osteoporosis yang memiliki risiko lebih tinggi ketimbang pria. Selain itu, membantu siklus menstruasi lebih teratur, dan mengurangi gejala-gejala Pra Menstruasi Syndrome (PMS) seperti pegal-pegal, mudah letih dan lesu serta mengalami nyeri di bagian bawah perut. Intinya perempuan harus tetap bergerak untuk menjaga kesehatan tubuhnya, terutama tulang, otot dan sendi.

Namun kembali lagi, masalah utama kaum perempuan malas berolahraga adalah kesibukannya melakukan pekerjaan mulia di rumah seperti menyapu, mengepel, mencuci baju, menyeterika dan sebagainya. Selain itu, banyak kaum perempuan yang memahami bahwa olahraga harus dilakukan secara serius, di ruangan khusus, lapangan terbuka atau pun tempat nge-gym. Padahal tidak.

Beberapa aktivitas olahraga bisa dilakukan seorang ibu agar tetap bergerak baik di dalam rumah. Berikut di antaranya tips berolahraga sambil tetap bisa melakukan aktivitas ibu rumah tangga.

Sering berjalan dan turun-naik tangga

Sering turun naik tangga atau berjalan kaki di rumah. Jika dilakukan dengan benar bertumpu pada kaki bukan tumit, mengatur nafas dan badan tegak, latihan sederhana ini bisa menekan paha, perut, kaki, dan otot tangan. Selain itu, latihan ini juga meningkatkan denyut jantung dan sirkulasi darah dalam tubuh.

Duduk-berdiri

Gerakan ini juga termasuk olahraga ringan dan tidak memakan tempat. Anda bisa menggunakan bantuan kursi makan untuk melakukannya. Duduk dengan posisi punggung tegak dan tidak menempel di sandaran, kemudian berdiri, terus lakukan kegiatan duduk berdiri ini sambil menahan nafas dan perut.

Menyapu dan mengepel lantai

Kegiatan menyapu dan mengepel lantai menjadi aktivitas rutin yang biasa dilakukan kaum perempuan di rumah. Namun aktivitas itu bisa menjadi salah satu latihan yang bermanfaat bagi tubuh Anda. Latihan sederhan inia tidak hanya bisa membantu membakar lemak dalam tubuh tetapi juga dapat lebih meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Telungkupkan Tubuh

Sambil rebahan di atas lantai atau karpet di depan televisi, Anda juga bisa melakukan gerakan yang bermanfaat dan membantu perut kencang dan rata. Telungkupkan tubuh Anda hingga posisi perut menyentuh lantai. Kedua tangan lurus ke depan atau ke samping. Gerakan tangan ke atas, angkat dengan pundak, lutut dan perut tetap menempel di lantai. Lakukan 15-20 kali. Di lantai juga, kaum ibu bisa melakukan yoga, meditasi, peregangan, dan masih banyak lagi. Tentunya, pastikan bahwa lantai atau karpet rumah Anda bersih.

Menari atau Berjoged

Menari atau berjoged menjadikan tubuh Anda terus bergerak sehingga bisa menjadi sarana agar tubuh Anda terus bergerak. Kalori akan banyak terbakar dan tentu saja akan membawa perasaan lebih bahagia. Anda tinggal meminggirkan kursi atau perabotan di rumah agar lebih leluasa menari.

Senam

Buat yang sering mengikuti olahraga dan senam, beberapa gaya bisa dilakukan di rumah. Dari mulai squat atau jongkok, push-up, skaters (lompat di tempat), plank crawl (seperti gerakan merangkak), walking lunge, single leg balance stick, bird dog, side plank hip drops, bridge hingga superman back extension. Anda juga bisa membeli berbagai peralatan olahraga seperti barbel, alat gym/fitness praktis atau peralatan olahraga ringan lainnya.

Cara yang sederhana ini sangat efektif untuk Anda yang ingin memiliki tubuh sehat dan bugar serta nggak gampang sakit. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah, nggak ada alasan untuk malas berolahraga.

Yang perlu menjadi perhatian adalah, lakukan semua olah raga dan pekerjaan rumah tangga Anda dengan senang hati. Karena, hormon bahagia dalam tubuh seseorang, selain mampu berfungsi sebagai analgesic, juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Tak kalah penting adalah, pastikan asupan nutrisi bagi tubuh Anda. Terutama nutrisi untuk tulang, otot dan sendi agartubuh tidak kaku, lentur karena terbiasa bergerak. Salah satunya produk terbaik yang ditawarkan Anline. Sehingga kaum perempuan tetap bisa menerapkan gaya hidup tetap bergerak dan #TetapBisa.

Yuk, mulai aktif bergerak supaya kamu #TetapBisa mendampingi keluarga tercinta hingga usia tua nanti! Cari tahu lebih banyak tentang kampanye ANLENE #TetapBisa dengan mengunjungi situs ini, yuk! [adv]

Komentar

 
Embed Widget

x