Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 28 Juni 2017 | 17:36 WIB

Jangan Panik, Epilepsi Dapat Disembuhkan

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 10 April 2017 | 16:20 WIB
Jangan Panik, Epilepsi Dapat Disembuhkan
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Tanggerang - Banyak mitos yang beredar tentang epilepsi. Padahal, penyakit epilepsi sebenarnya bisa diatasi dan disembuhkan.

Menurut dr. Jeffry Oeswadi, MARS, vice CEO SHLV, epilepsi bukan sebuah penyakit kutukan dan menular.

"Epilepsi itu dapat dikontrol dengan minum obat secara teratur serta rutin kontrol pengobatan yang baik dan sesuai dengan kondisi pasien. Penyandang epilepsi juga dapat hidup dan bekerja seperti orang kebanyakan," kata dr. Jeffry Oeswadi, MARS, vice CEO SHLV pada acara Seminar memperingati Hari Epilepsi dengan tema Kupas Tuntas Mitos dan Pengobatan epilepsi, Tanggerang, baru - baru ini.

Perlu diketahui, epilepsi adalah penyakit neurologis atau terjadi gangguan pada otak. Sayangnya, serangan epilepsi seperti kejang terkadang dianggap bukan suatu penyakit. Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang hal tersebut menyebabkan orang dengan epilepsi terlambat ditangani dan mendapat stigma atau pandangan yang negatif.

Tidak hanya pasien yang harus mendapat perhatian. Orang terdekat dari penderita epilepsi pun harus ditangani. Mereka adalah orang tua, anak, atau pun keluarga dekat.

"Penting untuk diperhatikan, karena mereka selalu ada bersama penderita epilepsi setiap hari. Hal ini dilakukan agar tidak timbul kepanikan setiap kali ada serangan terhadap pasien epilepsi," papar Dr. dr. Vivien Puspitasari, Sp.S., ahli spesialis saraf. (tka)

 
x