Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 27 September 2017 | 04:45 WIB

Konsumsi Makanan Turut Pengaruhi Usia

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 3 April 2017 | 08:20 WIB
Konsumsi Makanan Turut Pengaruhi Usia
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Setiap orang memiliki pola konsumsi yang berbeda - beda. Karena itu, konsumsi makanan sangat mempengaruhi usia seseorang.

Menurut Prof. Hardiansyah, MS, Ph.D., ahli gizi dari Institut Pertanian Bogo pada seminar Gaya Hidup Bebas Kolesterol dan Penyakit Jantung di RS Siloam TB Simatupang, Jakarta, asupan gizi sangat dibutuhkan bagi setiap orang. Hal ini benar - benar sangat berkaitan dengan tubuh manusia.

"Pola makan dan asupan gizi yang tidak teratur dapat berdampak pada peningkatan kadar kolesterol Low Densisty Lipoprotein atau Kolesterol jahat yang berdampak secara bertahap dapat menyebabkan kematian melalui gejala stroke dan serangan jantung," kata Hardiansyah, Jakarta, baru - baru ini.

Untuk menghindari hal tersebut, dibutuhkan konsumsi gizi yang seimbang untuk tubuh. Kemudian, tidak lupa menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh dengan olahraga yang teratur.

Masih menurutnya, pola gizi seimbang sesuai dengan aturan dari Kementerian Kesehatan adalah dalam satu piring idealnya terdapat satu makanan berserat yaitu sayuran dan tidak lupa buah - buahan.

"Tidak hanya itu, terdapat pula asupan karbohidrat, misalnya nasi, lauk pauk, yaitu tempe atau ikan, asupan air mineral minimal 8 liter perhari dan tiga kali olahraga dalam seminggu," tambahnya.

Sementara itu, Dr.Emanoel Oepangat, MD, FIHA., ahli jantung dan pembuluh darah dari RS Siloam TB Simatupang, menjlaskan bahwa pola gizi seimbang guna asupan yang diperlukan tubuh merupakan langkah penting guna mencegah terjadinya stroke pun gejala serangan jantung.

"Pola gizi teratur dan seimbang berperan penting. Dan satu hal lagi adalah deteksi dini dengan rutin memeriksakan diri setiap 3 hingga 6 bulan sekali ke dokter agar kita mengetahui sejauh mana kadar kolesterol yang ada dalam tubuh," ujar Emanoel.

Masih menurutnya, Jika pola konsumsi makanan tidak teratur atau gizi tidak seimbang, otomatis dapat mempengaruhi kadar kolesterol pada tubuh," tambahnya. (tka)

 
Embed Widget

x