Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 26 Mei 2017 | 12:29 WIB

Hindari Malaria dengan Pencegahan yang Tepat

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Minggu, 2 April 2017 | 20:10 WIB
Hindari Malaria dengan Pencegahan yang Tepat
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Penyakit Malaria masih menjadi prioritas utama yang selalu diawasi dan ditargetkan eliminasi oleh Pemerintah Indonesia. Karena itu, masyarakat harus mengetahui cara pencegahannya dengan baik.

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendaian Penyakit Tular Vektor & Zoonotik, drg. R. Vensya Sitohang, M.Epid, menegaskan, sebagian besar Malaria terjadi di wilayah Timur Indonesia. Mulai dari NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua, yang masih menjadi daerah zona merah atau belum berhasil dilakukan eliminasi.

Karena itu, masih menurut Vensya Sitohang, dibutuhkan kesadaran yang sangat tinggi bagi masyarakat di Indonesia, untuk mengetahui cara pecegahan penyakit Malaria. Pertama adalah menghindari gigitan nyamuk.

"Tidur menggunakan kelambu, memakai obat nyamuk, memasang kawat kasa pada lubang angin di rumah, menjauhkan kandang ternak dari rumah, apabila keluar rumah pada malam hari lebih baik menggunakan pakaian tertutup contohnya baju dan celana panjang, sarung, dan lainnya. Kemudian, menggunakan lotion anti nyamuk," papar Direktur Pencegahan dan Pengendaian Penyakit Tular Vektor & Zoonotik, drg. R. Vensya Sitohang, M.Epid saat ditemui di kantor Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, baru - baru ini.

Masih menurutnya, untuk menekan tingkat penderita Malaria, pemerintah pada tahun ini mengadakan program mengganti kelambu. Hal ini agar semakin efisien untuk memberantas nyamuk penyebab Malaria.

"Kami akan mengganti hampir 3 juta lebih kelambu. Kami gantu untuk efektivitas yang lebih baik," tambahnya.

Kemudian, dia menambahkan, cara pencegahan lainnya adalah dengan cara membersihkan lingkungan. Menimbun genangan air atau sarang nyamuk, dan membersihkan lumut pada mata air dan danau.

"Selanjutnya adalah mengurangi banyaknya nyamuk. Menebarkan ikan pemakan jentik, kepala timah, mujahir di lagiun dan mata air sekitar rumah, menyebarkan racun jentik nyamuk, pengeringan dan menimbunan tempat perindukan atau berkembang biakan," paparnya. (tka)

 
x