Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 26 Mei 2017 | 12:27 WIB

Jangan Anggap Remeh Kuman

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 30 Maret 2017 | 15:15 WIB
Jangan Anggap Remeh Kuman
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kuman bisa berevolusi dengan baik dan sempurna. Karena itu, manusia harus dengan baik menjaga diri dari kebersihan.

Menurut DR. Dr. Ariani Dewi Widodo, SpA(K) kekhawatiran ibu cukup beralasan tentang kebersihan anak. Keadaan kuman yang semakin kuat disebabkan antara lain karena kemampuan kuman beradaptasi dengan lingkungan dengan baik. Perilaku manusia dalam penggunaan obat - obatan khususnya antibiotik yang tidak pada tempatnya, serta tingkat populasi dan migrasi manusia yang tinggi.

"Ternyata, manusia tidak kuat jika melawan kuman tersebut. terbukti secara ilmiah, manusia jaman sekarang tidak lebih kuat dari pada manusia jaman dulu," kata dr. Ariani saat ditemui di acara ActivSilver Formula Lifebuoy, Jakarta, Kamis, (30/03/2017).

Lebih lanjut dia menjelaskan, tubuh menjadi lebih rentan terhadap serangan penyakit karena polusi dan gaya hidup yang tidak sehat. Ditambah lagi dengan kondisi kuman yang semakin agresif menyerang pertahanan tubuh manusia.

"Hal ini membuat penyakit menjadi semakin lama dan sulit untuk disembuhkan. Hal ini menjadikan kebiasaan hidup sehat yaitu Cuci Tangan Pakaia Sabun (CTPS) dan mandi dua kali sehari sangat diperlukan untuk mencegah tubuh tertular infeksi kuman penyebab penyakit," tambahnya.

 
x