Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 13:51 WIB

Diabetes Jadi Pintu dari Segala Penyakit

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Minggu, 26 Maret 2017 | 14:30 WIB
Diabetes Jadi Pintu dari Segala Penyakit
(Foto: inilahcom/Mia Umi Kartikawati)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Penyakit diabetes sangat kental hubungannya dengan neuropati atau gangguan saraf tepi. Ternyata, penyakit diabetes menjadi pintu bagi segala penyakit lainnya.

Lily Sriwahyuni Sulistyowati, MM sebagai Direktur Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI, menjelaskan saat ini yang banyak terjadi di Indonesia adalah tren penyakit tidak menular. Salah satunya adalah diabetes.

"Sekitar 10 juta orang menderita diabetes, 50 persennya terkena neuropati. Apalagi dipengaruhi dengan faktor gaya hidup yang seperti sekarang ketika bekerja kurang melakukan peregangan," kata Lily Sriwahyuni Sulistyowati saat ditemui di acara Bergerak Bersama #LawanNeuropati bersama MERCK di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu (26/03/2017).

Masih menurutnya, penderita penyakit tersebut hampir rata ditemui di pedesaan dan perkotaan. Meski begitu, penderita penyakit tidak menular lebih banyak terjadi di daerah perkotaan karena tingkat gaya hidup yang tidak sehat.

"Karena mulainya dari obesitas sentral itu cikal bakal juga bisa menyebabkan penyakit jantung. Diabetes harus menjaga itu. Kalau kita bisa menjaga hidup normal, kita harus mau mengurangi kebiasan agar tidak memiliki berat badan berlebihan, karena itu kekuatan dan komitmen diri sendiri yang harus menjaga. Misalnya sudah mulai memilih makanan tidak hanya untuk memenuhi rasa lapar dan rasa enak, tetapi juga harus memiliki kandungan gizi yang seimbang," tambahnya.

Karena itu, untuk menghindari terserang penyakit tersebut, masyarakat harus membiasakan diri dengan bergerak, melakukan aktivitas fisik.

"Satu gerak aktivitas fisik, kemudian makan buah dan sayuran, makan dengan diet seimbang ini pentin kemudian deteksi dini sebelum kita merasa sakit," paparnya.

 
Embed Widget

x