Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 14:30 WIB

Jaga Kesehatan Syaraf Kaki

Wanita Hindari Pakai Sepatu Hak Tinggi

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 24 Maret 2017 | 11:45 WIB
Wanita Hindari Pakai Sepatu Hak Tinggi
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menggunakan sepatu hak tinggi menjadi salah satu pilihan para wanita untuk mendukung penampilan. Hal tersebut ternyata tidak terlalu baik untuk kesehatan wanita.

Menurut Prof. Dr. dr. Moh. Hasan Machfoed, Sp.S. (K), M.S., para wanita sebenarnya boleh menggunakan hak tinggi namun seharusnya tidak menggunakan yang terlalu menukik. Hal ini akan menimbulkan masalah di bagian jari kaki dan syaraf.

"Mau pakai hak 15 cm enggak masalah asal depannya juga sama tebal jadi tidak menjungking," kata Prof. Dr. dr. Moh. Hasan Machfoed, Sp.S. (K), M.S saat ditemui di acara Bergerak Bersama #Lawan Neuropati dengan MERCK, Jakarta, Kamis (23/03/2017).

Sepatu hak tinggi mungkin dianggap membuat wanita semakin terlihat percaya diri dan sempurna. Namun, menurut dr. Manfaluthy Hakim, SpS(K)., menggunakan sepatu hak tinggi akan membuat posisi tubuh akan berubah. Mengapa? Karena, kaki yang seharusnya memiliki posisi datar berada pada satu titip tumpu yaitu bagian jari kaki.

"Jika dilakukan berulang kali, hal ini dapat mencederai kaki dan syaraf," papar dr. Manfaluthy Hakim, SpS(K).

Untuk menghindari hal tersebut, para wanita sebaiknya berfikir ulang sebelum menggunakan sepatu hak tinggi. Karena untuk mencegah sejak dini terjadinya kerusakan sistem syaraf di kaki dan cidera yang berkepanjangan.

Komentar

 
Embed Widget

x