Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 20:52 WIB

Utamakan Kesehatan, Ade Jadi Duta Ayam Lokal

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 22 Maret 2017 | 15:50 WIB
Utamakan Kesehatan, Ade Jadi Duta Ayam Lokal
Duta ayam lokal, Ade M. Zulkarnain - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Berternak ayam kampung memang tidak mudah. Terlebih, menurut duta ayam lokal, Ade M. Zulkarnain, adanya kasus virus flu burung di Indonesia membuat usahanya menurun beberapa tahun lalu.

Karena alasan kesehatan masyarakat, Ade benar - benar tidak menjalankan bisnis ayamnya. Namun dengan begitu, dia pun semakin pintar dan belajar untuk budidaya ternak dan kesehatan unggas.

Ade lantas mengikuti anjuran pemerintah. Meski demikian, Ade tidak pernah berhenti melakukan kampanye ternak ayam kampung.

"Saya terus melakukan sosialisasi dari satu kecamatan ke kecamatan lain," ungkap Ade sebagai duta Ayam Lokal yang disematkan oleh Head of JAPFA FOUNDATION Andi Prasetyo, Jakarta, baru - baru ini.

Dari kasus wabah tersebut terdapat puluhan peneliti dan lembaga peternakan maupun kesehatan hewan baik dari dalam maupun luar negeri, berdatangan kepada Ade.

"Ada yang melakukan penelitian dan ada pula yang mau menggali motivasi saya untuk menggerakkan ternak ayam kampung," katanya.

Sejak kasus flu burung, jumlah peternak ayam kampung di berbagai provinsi justru kian melonjak. Banyak kelompok tani dan perorangan berdatangan untuk belajar dari Ade, yang pada tahun 2007 mendapatkan penghargaan dari Bupati Sukabumi.

"Tempat peternakan saya maupun kelompik (Kepraks) juga mencatat sejarah. Pertama, uji vaksin H5N1 pertama di dunia dilakukan di tempat kami yang berlangsung selama dua tahun (2006-2008) yang dilakukan Wageningen (Belanda) dan Kementerian Pertanian," tambahnya.

Kemudian, Ade juga mendapat kesempatan uji kekebalan terhadap virus flu burung pada 2008 oleh WHO dan Balitbangkes Kementerian Kesehatan yang waktu itu dipimpin oleh almarhum Endang Sedyaningsih, selaku Menteri Kesehatan.

 
Embed Widget

x