Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 28 Juni 2017 | 14:01 WIB

Kalimat yang Tidak Boleh Dilontarkan Kepada Anak

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Selasa, 14 Maret 2017 | 07:40 WIB
Kalimat yang Tidak Boleh Dilontarkan Kepada Anak
(Foto: timesofindia)
facebook twitter

INILAHCOM, India - Menjadi orang tua memang tidak mudah. Butuh usaha kuat untuk membentuk karakter seorang anak. Karena itu, ada kalimat yang tidak boleh dilontarkan ketika sedang marah kepada buah hati Anda.

Mengutip dari timesofindia, Selasa (14/03/2017), ada beberapa hal yang sangat sensitif dan harus Anda hindari ketika sedang berkata pada anak Anda.

Karena itu, simak beberapa poin penting berikut ini.

1. Saya jauh lebih bertanggung jawab ketika masih usia Anda

Membandingkan anak Anda dan memberikan contoh dari apa yang Anda mampu ketika Anda masih anak-anak adalah membuat kesalahan besar pertama sebagai orang tua.

Anda adalah orang tua dalam hubungan maka Anda harus tahu lebih banyak. Pernyataan seperti ini akan menghancurkan kepercayaan diri anak Anda.

2. Berkata kepada anak, selalu mengambil keputusan yang salah

Tidak akan menghukum anak Anda untuk menjadi dewasa. Setiap orang diperbolehkan untuk membuat kesalahan dan itu sebenarnya adalah bagian dari proses pembelajaran.

Dia mungkin telah mengambil bidang studi yang tidak menarik bagi Anda atau mungkin bekerja dengan sebuah perusahaan yang Anda tidak sangat bangga, tapi itu tidak berarti Anda menuduhnya keputusan.

Pekerjaan Anda sebagai orang tua adalah untuk membimbing dia, tidak memaksa dia untuk menaati pendapat Anda.

3. Mengapa Anda tidak bisa menjadi lebih seperti saudara/saudari di Keluarga?

Ini adalah kalimat perbandingan yang tidak masuk akal dan sangat umum saat ini. Hindari penyemaian dalam permusuhan antara anak-anak Anda dengan membandingkan kemampuan mereka.

Melakukan hal itu dapat membuat celah antara saudara kandung. Anda tidak ingin anak Anda untuk memiliki perasaan negatif kepada Anda, maka Hindari menilai anak-anak Anda.

 
x