Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 25 November 2017 | 14:33 WIB

Ibu Rumah Tangga Kini Semakin Kreatif

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Jumat, 10 Maret 2017 | 14:30 WIB
Ibu Rumah Tangga Kini Semakin Kreatif
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Sekitar 20 ibu rumah tangga dari berbagai komunitas meningkatkan kemampuannya untuk belajar membuat website dengan hanya delapan kali pertemuan dalam pelatihan Coding Mum.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Yayasan CIRI (Citra Kartini Indonesia) yang bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang memiliki lincense program Coding Mum dan PT. Kolla Space sebagai mentor dari programer.

"Pelatihan ini bertujuan untuk menghasilkan programmer paruh waktu, yang khussu ditujukan bagi para ibu rumah tangga atau pelaku UKM," ungkap Dara Wahid selaku Ketua Bidang Perempuan dan Ekonomi Kreatif saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta, Kamis (10/03/2017).

Sementara itu, Ayu Heni Rosan selaku Ketua CIRI menjelaskan pelatihan ini sangat cocok untuk mengambil kesempatan untuk membangun kreatifitas dan wawasan para ibu rumah tangga. Tidak hanya itu, lewat wadah pelatihan ini, para ibu rumah tangga bisa menghasilkan untuk membangun ekonomi di keluarga dan bisa menambah pendapatan para suami.

"Kami memiliki niat baik. Sebagai perempuan, kami membantu sesama perempuan. Teman - teman perempuan yang memiliki usaha di rumah dengan membuat baju, tas, makanan, dan lain - lain, mereka bisa menjadi seorang programer dan membuat website sendiri untuk mewadahi produk jualannya," papar Ayu Heni Rosan.

Masih menurut Ayu, kedepannya, peserta pelatihan akan ikut menggerakan CIRI BAZZAR sebagai wadah dimana produk - produk UKM dari komunitas yang bersangkutan akan berkontribusi pada CIRI BAZZAR. Produk akan di upgrade dalam hal packaging, izin, tampilan, promosi online atau offline, marketing dan website, sehingga dapat merambah ke tingkat nasional dan internasional.

Berbagai komunitas yang terlibat antara lain FATAYAT NU, Sisternet, Muslimat NU, Depok Menulis, Koperasi Yasmin, Toko NU online, PC Persatuan Wanita Wirausaha Lamongan Jawa Timur, Perkumpulang Pengusaha Jilbab Lamongan Jawa Timur, DPP Perwanas, Perkumpulan Sulut, Komunitas Pencinta Teh, YKM Klinik Hemodialisa, Komunitas Organik Jawa Barat, IPEMI Depok, dan Panti Asuhan Harapan Remaja.

Komentar

 
Embed Widget

x