Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 29 April 2017 | 10:39 WIB

Konsumsi Blueberry untuk Tingkatkan Fungsi Otak

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 8 Maret 2017 | 08:30 WIB
Konsumsi Blueberry untuk Tingkatkan Fungsi Otak
(Foto: zeenews)
facebook twitter

INILAHCOM, London - Jika Anda ingin meningkatkan fungsi otak Anda, bisa mulai konsumsi jus blueberry setiap hari.

Mengutip dari timesofindia, Rabu (08/03/2017), sebuah studi baru mengklaim bahwa minum jus ini dapat membantu meningkatkan fungsi otak, terutama pada orang tua.

Menurut penelitian, orang sehat berusia 65 - 77 yang minum jus konsentrat blueberry setiap hari menunjukkan perbaikan dalam fungsi kognitif, aliran darah ke otak dan aktivasi otak saat melaksanakan tes kognitif.

Para peneliti mengatakan bahwa ada juga bukti yang menunjukkan perbaikan dalam memori kerja.

Menjadi sumber yang kaya flavonoid, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, blueberry dianggap baik untuk kesehatan dan juga mempromosikan banyak manfaat kesehatan.

"Fungsi kognitif cenderung menurun saat kita beranjak tua, tetapi penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa fungsi kognitif yang lebih baik diawetkan pada orang dewasa tua yang sehat dengan diet kaya dalam makanan nabati," kataJoanna Bowtell, dari University of Exeter di Inggris.

"Dalam studi ini kami menunjukkan bahwa dengan hanya 12 minggu mengkonsumsi 30ml jus konsentrat blueberry setiap hari, aliran darah otak, aktivasi otak dan beberapa aspek memori kerja ditingkatkan dalam kelompok orang dewasa yang sehat," tambahnya.

Untuk penelitian, 12 dari 26 orang dewasa sehat diberi jus blueberry konsentrat, setara dengan 230 gram blueberry, sekali sehari, sementara 14 menerima plasebo.

Sebelum dan setelah periode 12 minggu, peserta mengambil serangkaian tes kognitif sementara scanner MRI dipantau fungsi otak mereka dan beristirahat aliran darah otak diukur.

Dibandingkan dengan kelompok plasebo, orang-orang yang mengambil suplemen blueberry menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam aktivitas otak di daerah otak yang berhubungan dengan tes.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa risiko demensia dikurangi dengan asupan sayur dan buah yang lebih tinggi, dan fungsi kognitif yang lebih awet pada orang dewasa tua yang sehat dengan diet kaya dalam makanan nabati.

Flavonoid, yang berlimpah dalam tanaman, cenderung menjadi komponen penting dalam menyebabkan efek ini.

Embed Widget

x