Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 30 Maret 2017 | 23:28 WIB
Hide Ads

Kehadiran Sosok Ayah Jadi Teladan untuk Anak

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 6 Maret 2017 | 12:30 WIB
Kehadiran Sosok Ayah Jadi Teladan untuk Anak
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kehadiran sosok ayah menjadi keteladanan kepada anak. Sehingga, jika seorang ayah tidak memberikan keteladanannya, ini akan memberikan dampak buruk bagi psikologis anak.

Menurut Muhammad Agus Syafii, selaku pengasuh Rumah Amalia, ketika seorang anak kehilangan figur ayah dalam rumah tangga, maka, anak akan mencari sosok lain di luar keluarga. Karena, sebuah intervensi ayah kepada anak itu harus menjadi sebuah teladan yang baik.

"Saya kira perlu adanya kampanye baru agar ayah berperan sekitar 80 persen meluangkan waktunya kepada anak, agar anak- anak tidak kehilangan figur seorang ayah," papar Muhammad Agus Syafii, saat ditemui di acara teater Kangen Ayah di Car Free Day, Sudirman, Jakarta, Minggu (05/03/2017).

Contoh keteladanan yang dapat seorang ayah berikan kepada anak, misalnya dengan membiasakan diri untuk mengaji. Ketika seorang bapak terbiasa mengaji, anak akan melihat secara langsung, dan meneladaninya.

"Secara tidak langsung, anak akan lihat dan dia belajar hal itu kepada ayahnya," tambahnya.

Tidak hanya itu, contoh lain dari keteladanan ayah di rumah adalah ketika seorang ayah berinteraksi kepada istri dengan harmonis. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi psikologi anak. Secara tidak langsung, anak akan lebih bahagia.

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x