Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 29 April 2017 | 20:17 WIB

Sembilan Cara Atasi Baby Blues

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 1 Maret 2017 | 13:35 WIB
Sembilan Cara Atasi Baby Blues
(Foto: zeenews)
facebook twitter

INILAHCOM, New Delhi - Setiap orang tua selalu bergembira ketika memiliki buah hati. Tetapi, kelahiran anak dapat mempengaruh mental seorang ibu. Lantas bagaimana mengatasinya?

Mengutip dari zeenews, Rabu (01/03/2017), kebanyakan wanita mengalami perubahan suasana hati besar setelah melahirkan, mulai dari baby blues singkat, ringan sampai depresi klinis lebih lama dan lebih dikenal sebagai depresi pasca melahirkan.

Depresi Postpartum (PPD), juga disebut depresi setelah melahirkan, sangat umum setelah melahirkan daripada banyak orang mungkin menyadari.

Sesuai dengan organisasi kesehatan dunia (WHO), depresi mempengaruhi 1 dari 6 perempuan yang telah melahirkan.

Gejala depresi setelah melahirkan dapat mencakup perasaan yang kewalahan, terus-menerus menangis tanpa alasan yang jelas, kurangnya ikatan dengan bayi Anda, dan keraguan tentang mampu merawat diri Anda dan bayi Anda. Namun, hal tersebut bisa diobati dengan bantuan profesional.

Tanpa perawatan, depresi setelah melahirkan dapat berlangsung selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun dan dapat mempengaruhi kesehatan Anda dan perkembangan bayi Anda.

Jika Anda berpikir bahwa bayi Anda tidak membuat Anda bahagia, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu diri Anda sendiri:

1. Menerima bantuan dari anggota keluarga pada hari pertama.

2. Mendapatkan banyak istirahat, karena waktu Anda kurang atau kehabisan bahan bakar, energi dalam tubuh dapat menimbulkan rasa sedih dan depresi.

3. Makan makanan bergizi.

4. Keluar dan menikmati udara terbuka selagi Anda bisa. Dalam lingkungan yang aman, mengambil bayi Anda untuk berjalan-jalan sangat baik untuk kalian berdua.

5. Berbicara dengan orang yang dekat dengan Anda atau ibu-ibu lain yang mungkin dapat membantu Anda dan membuat Anda merasa didukung sambil mengingatkan Anda bahwa Anda tidak sendirian.

6. Menghindari memikirkan hal - hal yang sedih.

7. Bicara ke perawat kesehatan Anda, apakah dia dapat membantu Anda mencari pengobatan yang paling sesuai dengan situasi Anda.

8. Jika Anda memiliki pikiran merugikan diri sendiri atau bayi Anda, mencari bantuan segera.

9. Jika Anda berpikir Anda mungkin menderita depresi pascamelahirkan, jangan ragu untuk mencari bantuan.

Embed Widget

x