Find and Follow Us

Selasa, 25 Juni 2019 | 15:26 WIB

Kunci Orang Tua Atasi Anak yang Takut Orang Lain

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Sabtu, 25 Februari 2017 | 16:30 WIB
Kunci Orang Tua Atasi Anak yang Takut Orang Lain
Anna Surti Ariani, M.Psi, Psi Psikolog Anak dan Keluarga, - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Setiap anak memiliki sifat yang berbeda - beda. Namun, kebanyakan saat anak usia 1-3 tahun, cenderung memiliki sifat yang takut dengan orang lain. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Menurut Anna Surti Ariani, M.Psi, Psi Psikolog Anak dan Keluarga, sebagai orang tua, tentu harus mengetahui seluk beluk sifat anak. Hal tersebut dengan cara membantu anak dengan lebih sensitif pada kebutuhan anak.

"Ajari bicara dan ungkapkan pikirannya," kata Anna saat ditemui di acara Arena Sahabat SGM Eksplor di Kota Kasablanca, Jakarta, Jumat (24/02/2017).

Jika anak memiliki kesulitan untuk bergaul dengan teman seumurannya, sebagai orang tua harus melakukan perbanyak bertemu dengan anak seusianya. Ini dapat mendorong anak untuk cepat beradaptasi dan bergaul dengan sesama usianya.

"Jika anak tidak mau, jangan paksakan anak untuk bergaul. Ini tidak baik. Orang tua bisa mengajak anak mengamati orang lain terlebih dahulu," tambahnya.

Kemudian, pada usia 1-3 tahun, anak cenderung tidak takut melakukan apapun. Terkadang, anak lebih spontan dan tiba-tiba memukul orang lain. Sebagai orang tua, harus bisa mengatasi keadan tersebut.

"Orang tua harus tegas apabila anak memukul orang lain," ujarnya.

Komentar

Embed Widget
x