Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 29 April 2017 | 10:40 WIB

Dukungan untuk Masyarakat Wujudkan Indonesia Sehat

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 23 Februari 2017 | 15:45 WIB
Dukungan untuk Masyarakat Wujudkan Indonesia Sehat
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter


INILAHCOM, Jakarta - Banyak cara untuk meningkatkan dunia kesehatan di Indonesia. Salah satunya dengan membuat sebuah inovasi yang baik untuk kemajuan kesehatan. Apa saja?

Melihat banyaknya masalah kesehatan yang ada, seperti tingkat kematian ibu dan anak menjadi catatan yang terus ditemukan. Menurut data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), saat ini angka kematian ibu melahirkan meningkat dibanding periode tahun 2.000, yakni 359 orang per 100 ribu kelahiran selamat.

Dulunya angka kematian ibu melahirkan hanya 228 orang per 100 ribu kelahiran selamat. Artinya, Indonesia saat ini setiap 1,5 jam ada ibu yang meninggal karena melahirkan.

Inilah sebabnya, Indonesia Healthcare Healtcare Forum (IndoHCF) menggagas sebuah ajang lomba dan pemberian penghargaan khusus penghormatan kepada para individu, institusi, atau kelompok yang telah menerapkan atau melakukan inovasi di bidan kesehatan.

"Untuk kesehatan ibu dan anak itu adalah kami memberikan penghargaan kepada orang - orang yang sudah mengimplementasikan sebuah inovasi dan berhasil selama sekian tahun. Ini bisa diberikan penghargaan," kata ketua umum IndoHCF Dr. dr. Supriyantoro, SpP, MARS saat ditemui di acara IndoHCF Innovation Award 2017, Kamis (23/02/2017).

Ada pun beberapa kategori award sebagai berikut.

1. Inovasi SPGDT (Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu) Pra-RS

Pemberian penghargaan kepada Pemda Kabupaten / Kota yang melakukan inovasi dalam pengembangan atau penguatan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu mulai dari lokasi kejadian sampai dengan dibawa ke rumah sakit. Bertujuan untuk mendukung pecepatan integrasi SPGDT Pra-RS di suatu daerah.

2. Inovasi Program KIA (Kesehatan Ibu dan Anak)

Pemberian penghargaan kepada Pemda Kabupaten / Kota yang melakukan inovasi dalam upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak yang sudah diimplementasikan dan dapat diukur keberhasilannya. Ini bertujuan untuk percepatan tercapainya peningkatan kesehatan Ibu dan Anak khususnya dalam upaya menurunkan anak stunting, morbiditas dan mortalitas.

3. Inovasi Alat Kesehatan

Pemberian penghargaan kepada individu/institusi/kelompok yang melakukan inovasi/temuan di bidang alat kesehatan yang tepat guna dan berdaya guna. Bertujuan untuk mendorong peningkatan produksi alat kesehatan dalam negeri yang berkualitas.

4. Inovasi E-Health

Pemberian penghargaan kepada individu/institusi/kelompok yang melakukan inovasi/temuan ICT (Information & Communication Technology) di bidang kesehatan. Bertujuan untuk mendorong pengembangan ICT di bidang kesehatan yang baik dalam upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

5. Inovasi Seni Kreasi Promosi Kesehatan

Pemberian penghargaan kepada individu/institusi/kelompok yang melakukan inovasi/kreasi seni pertunjukan (dalam bentuk kreasi tarian atau parodi) dengan tema promosi kesehatan. Bertujuan untuk mendorong pengembangan kreativitas dalam mengkomunikasikan program promosi kesehatan kepada masyarakat.

Embed Widget

x