Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 20:48 WIB

Seberapa Penting Cuti Hamil?

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 22 Februari 2017 | 07:30 WIB
Seberapa Penting Cuti Hamil?
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Setiap ibu hamil yang bekerja mendapatkan cuti hamil. Lantas, apa pentingnya cuti hamil untuk para calon ibu?

Menurut dr. Boy Abidin, SpOG(K), dari Mitra Keluarga Kelapa Gading menjelaskan, cuti hamil sangat penting untuk membuat calon ibu mempersiapkan diri dalam menghadapi persalinan. Biasannya cuti hamil diberikan selama tiga bulan.

"Terkadang, para ibu hamil mengambil cuti hamil menjelang melahirkan. Padahal, sebaiknya pada usia kehamilan masuk delapan bulan, adalah waktu terbaik. Ini bisa mengurangi angka pendarah pada wanita hamil," papar dr. Boy Abidin, SpOG(K), saat ditemui di kawasan Senayan, beberapa waktu lalu.

Masih menurutnya, jika calon ibu sedang bekerja dan mengalami kontraksi, membutuhkan waktu lama untuk datang ke rumah sakit karena mungkin lokasinya jauh dari tempat kerja. Hal ini sangat berisiko bagi kehamilan seorang ibu.

"Lebih baik para ibu beristirahat sebulan sebelum melahirkan. Hal ini akan membuat calon ibu lebih tenang, dan tidak panik menghadapi proses persalinan. Calon ibu bisa memanfaatkan waktu sebelum sebelum melahirkan dengan menikmati liburan, seperti berjalan - jalan dengan suami, atau pun berbelanja," tambahnya.

 
Embed Widget

x