Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 29 April 2017 | 20:28 WIB

Ini Faktor Penting Agar Ibu Bahagia saat Hamil

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 20 Februari 2017 | 10:30 WIB
Ini Faktor Penting Agar Ibu Bahagia saat Hamil
(Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Masa kehamilan adalah sesuatu yang indah dan diidamkan oleh para wanita. Agar kehamilan berjalan sempurna, maka ada beberapa yang harus diperhatikan para calon ibu. Apa saja?

Menurut dr. Boy Abidin, SpOG(K), spesialis kebidanan di RS Mitra Kelapa Gading, saat ditemui di acara Cordlife, JCC, Senayan, baru - baru ini, saat masa kehamilnan, pastikan setiap hari calon ibu merasa bahagia, tidak boleh mengalami stres.

"Hal ini akan berpengaruh pada kondisi anak di dalam kandungan," kata dr. Boy Abidin, SpOG(K).

Kemudian, calon ibu harus cukup istirahat. Idealnya, dapat tidur sekitar 6 - 8 jam sehari.

"Khusus untuk ibu hamil, harus tidur dengna posisi nyaman agar peredaran darah menjadi lancar dan sempurna," tambah Boy.

Kemudian, para calon ibu yang sedang hamil harus benar - benar menikmati hidup. Dengan menikmati hidup, masih menurut Boy, hal tersebut adalah salah satu cara untuk membuat suasana hati calon ibu happy atau bahagia.

"Agar tetap happy dan senang, kadang para calon ibu memanfaatkan waktu untuk belaja," ujarnya.

Tidak kalah penting yang perlu diperhatikan saat hamil adalah menjalankan aktivitas fisik atau olahraga. Setidaknya dalam seminggu tiga kali dengan durasi 30 menit saat pagi hari, sebelum pukul 08.00 pagi.

"Ibu hamil sangat baik olahraga berjalan kaki di usia tiga bulan pertama. Masuk bulan ke tujuh, delapan, dan sembilan, para ibu hamil dapat menjalankan olahraga seperti peregangan otot - otot, berenang, dan berjalan - jalan ringan," ungkapnya.

Hal yang perlu diperhatikan lagi saat hamil adalah konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Pada jaman sekarang, banyak orang yang hanya mengandalkan delivery order. Lebih baik, lanjut Boy, memasak makanan sendiri karena hal ini dapat membuat Anda memilih langsung dan mengetahui asupan gizi seimbang untuk tubuh dan calon bayi.

"Biasanya gizi yang seimbang adalah berpengaruh pada nutrisi tubuh bayi. Dengan begitu, dapat juga berpengaruh pada penambahan berat badan pada calon ibu. Idealnya, para ibu hamil mengalami kenaikan berat badan sekitar 10 - 11 kg.

Embed Widget

x