Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 23 Juni 2017 | 15:32 WIB

Atasi Depresi dengan Konsumsi Buah dan Sayur

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 13 Februari 2017 | 14:45 WIB
Atasi Depresi dengan Konsumsi Buah dan Sayur
(Foto: zeenews.india)
facebook twitter

INILAHCOM, New Delhi - Buah - buahan dan sayuran dikenal memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh. Tidak hanya bergizi, ternyata buah dan sayur juga dapat mengatasi depresi.

Mengutip dari zenews, Senin (13/02/2017), sebuah temuan mengungkapkan bahwa makanan alami dapat mengatasi masalah - masalah kesehatan mental. Salah satunya depresi. Hal tersebut bisa diatasi ketika konsumsi buah dan sayur sedikitnya dua minggu.

Para peneliti dari University of Otago mempelajari sekitar 171 orang dewasa berusia antara 18 dan 25 tentang kebiasaan diet mereka.

Mereka terbagi menjadi tiga kelompok untuk menyelidiki efek memiliki diet tinggi dalam buah dan sayuran.

Selama dua minggu, mereka terus makan seperti biasa, atau didorong oleh teks pengingat dan voucher pra bayar untuk makan lebih banyak buah dan sayuran.
Mereka secara pribadi diberikan dua porsi tambahan buah harian segar seperti wortel, buah kiwi, apel dan jeruk. Orang-orang dalam kelompok terakhir melaporkan peningkatan signifikan psikologis kesejahteraan mereka, dengan meningkatkan vitalitas dan motivasi.

Namun, mereka diingatkan oleh teks dan diberikan $10 voucher tidak menunjukkan perbaikan yang serupa, menurut studi yang dipublikasikan di PLOS ONE.

Dan, ketika disurvei, ditemukan lebih cenderung makan sayuran dimasak dalam casserole atau dicampur dengan makanan lainnya.

Penulis studi Dr Tamlin Conner berkata,"pesan dari studi ini adalah kita harus memberikan orang lebih banyak buah dan sayuran untuk makan".

"Orang-orang di asrama, anak-anak di pusat penitipan anak, pasien di rumah sakit, karyawan di tempat kerja, bisa disediakan buah-buahan segar dan sayuran secara teratur," katanya.

Tetapi ia menambahkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk makan buah dan sayur yang lebih segar mungkin membuat perbedaan untuk orang-orang yang termasuk kondisi seperti depresi.

 
Embed Widget

x