Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 Maret 2017 | 05:01 WIB
Hide Ads

Ketahui Faktor Risiko Penyebab Kanker Payudara

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Kamis, 9 Februari 2017 | 18:30 WIB
Ketahui Faktor Risiko Penyebab Kanker Payudara
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Walaupun belum diketahui pasti penyebab munculkan kanker payudara, namun ada beberapa faktor risiko dari kanker payudara. Apa saja?

Salah satunya adalah riwayat keluarga dengan kanker payudara dan tumor jinak. Kemudian, haid pada usia yang terlalu muda, tidak menikah dan tidak menyusui.

"Melahirkan anak pertama di atas usia 35 tahun, pula makan yang tidak sehat, konsumsi alkohol, merokok, dan stres," kata dr. Vera Nevyta Tarigan, SpRad selaku dokter spesialis radiologi SHKJ, Jakarta, Kamis (09/02/2017).

Umumnya para penderita kanker payudara memiliki keluhan mulai dari benjolan yang teraba di payudara, perubahan ukuran dan bentuk, kerutan pada kulit, puting yang tertarik, keluarnya cairan merah dari puting, dan teraba benjolan di ketiak.

Perlu diketahui, menurut data WHO, di dunia jumlah penderita kanker terus meningkat dengan presentasi peningkatan sekitar 20 persen setiap tahunnya. Sedangkan di Indonesia, penderita kanker terbanyak di kalangan perempuan dan kanker payudara adalah peringkat teratas.

Ada beberapa cara untuk melakukan deteksi kanker payudara. Departemen Radiologi SHKJ memiliki sarana diagnostik yang lengkap yaitu Mammography, Ultrasonography (USG), dan MRI payudara. Penatalaksanaan kanker payudara meliputi operasi dengan teknik yang disesuaikan berdasarkan stadium, radioterapi, dan kemoterapi.

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x