Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 28 Juni 2017 | 19:06 WIB

Ini Penyebab Anak Muda Terkena Stroke

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 6 Februari 2017 | 11:50 WIB
Ini Penyebab Anak Muda Terkena Stroke
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Penyakit stroke tidak hanya melanda orang yang berusia 50 tahun ke atas. Belakangan, penyakit stroke menjamah kepada anak muda atau generasi muda.

Menurut Prof. Dr. dr. Hasan Machfoed, Sp.S(K) perwakilan dari Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) saat ditemui di acara Grand Kalbe Academia yang bertajuk "Indonesia Neurologist Forum", Pulman Hotel, Central Park, Jakarta, baru - baru ini menjelaskan ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan para anak muda terserang stroke.

"Tidak jarang anak muda memiliki sifat tidak mau kalah, selalu berkompetisi, menjalankan pola hidup yang tidak sehat. Makanan yang dikonsumsi tidak terkontrol, terlalu banyak mengkonsumsi junk food, dll," kata Prof. Dr. dr. Hasan Machfoed, Sp.S(K).

Masih menurutnya, hal tersebut yang harus diperhatikan saat ini. Jika dapat diatasi dengan sedini mungkin, Hasan menambahkan, penyakit stroke dapat sembuh secara total.

"Orang yang berada di rumah atau kerabat, bisa mengenali gejala - gejala stroke dengan lebih cepat. Ciri - cirinya adalah tiba - tiba ngomongnya pelo, tidak bisa bergerak sebelah area tubuh, dll," tambahnya.

Perlu diketahui, penyakit stroke di Indonesia merupakan penyebab utamaa kematian di rumah sakit, mencapai 15,4 persen. Sedangkan berdasarkan diagnosis tenaga kesehatan dan gejala yang dilaporkan dalam Riskesdas 2013, prevalensi stroke di Indonesia sebesar 12,1 per 1.000 penduduk.

 
x