Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Desember 2017 | 00:45 WIB

Penting, Ketahui Penyakit Gangguan Saraf

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Senin, 6 Februari 2017 | 10:45 WIB
Penting, Ketahui Penyakit Gangguan Saraf
(Foto: inilahcom/Mia Umi Kartikawati)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ada berbagai jenis kelainan atau penyakit saraf (neurologi) yang sering dijumpai yaitu stroke, nyeri neuropati, epilepsi, gangguan kognitif, cedera kepala dan lainnya.

Perlu diketahui, pada data epidemiologi yang dilakukan oleh WHO, didapatkan bahwa penyakit saraf yang terbanyak menyebabkan disabilitas di Asia maupun dunia adalah penyakit stroke.

Sistem saraf merupakan suatu sistem yang meregulasi dan mengkoordinasi aktivitas tubuh yang terdiri dari sistem saraf pusat, yaitu otak dan sumsum tulang belakang, serta sistem saraf tepi / perifer, yaitu saraf pada organ lainnya, seperti saraf mata, saraf telinga, saraf kulit, dan lain - lain.

Penyakit stroke di Indonesia merupakan penyebab utamaa kematian di rumah sakit, mencapai 15,4 persen. Sedangkan berdasarkan diagnosis tenaga kesehatan dan gejala yang dilaporkan dalam Riskesdas 2013, prevalensi stroke di Indonesia sebesar 12,1 per 1.000 penduduk.

"Kami melihat gangguan neorologi itu sangat mengganggu kehidupan sehari - hari. Misalnya ada orang stroke, dia tidak bisa buang air kecil sendirian harus ditemani. Kemudian, ada orang yang dimensia tiba - tiba hilang, dll," kata Micahel Buyung Nugroho Direktur PT Kalbe Farma saat ditemui di acara seminar dan workshop Grand Kalbe Academia bertajuk Indonesia Neurologist Forum, Jakarta, baru - baru ini.

Karena pentingnya pengetahuan tentang neorologi, Kalbe secara konsisten melakukan edukasi kesehatan sebagai upaya membantu meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia menuju kehidupan yang lebih baik. Grand Kalbe Academia tahun ini fokus pada pembahasan penyakit saraf di Indonesia, yang diharapkan bisa menjadi forum edukasi yang komprehensif bagi neurologist Indonesia mengenai neurogical disorder sehingga tercipta interaksi yang intensif antara seluruh peserta dan praktisi.

"Penyakit gangguan neorologi seperti stroke, kehilangan ingatan itu sangat memprihatinkan. Harus diperiksa secara dini. Jika terjadi beberapa gejala segera langsung dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan," papar Prof. Dr. dr. Hasan Machfoed, Sp.S(K) pembicara utama pada acara tersebut.

Komentar

 
Embed Widget

x