Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 28 Juli 2017 | 03:38 WIB

Minyak Wijen Kontrol Kolesterol Hingga Cegah Flu

Oleh : Mia Umi Kartikawati | Rabu, 25 Januari 2017 | 16:50 WIB
Minyak Wijen Kontrol Kolesterol Hingga Cegah Flu
(Foto: zeenews)
facebook twitter

INILAHCOM, New Delhi - Minyak biji wijen dikenal secara luas untuk digunakan ketika memasak. Tidak hanya itu, minyak wijen juga dapat menjadi obat - obatan tradisional dan bermanfaat untuk kesehatan.

Mengutip dari zeenews, Rabu (25/01/2017), perpaduan unik antioksidan dalam minyak wijen menjadikan minyak tersebut sangat bermanfaat untuk menggoreng.

Kaya aroma dan rasa seperti kacang yang telah membuat bahan favorit dan topping untuk produk roti dan gandum kerupuk, sushi, kue, sup, ikan serta daging.

Minyak biji wijen juga dikenal sebagai sumber yang baik dari berbagai nutrisi, termasuk flavonoid, fenolik antioksidan, asam lemak omega-6, serat dan vitamin. Minyak wijen juga bermanfaat sebagai obat tradisional dan terapi untuk memijat.

Di bawah ini, adalah beberapa alasan mengapa Anda harus memasukkan minyak wijen dalam diet harian Anda.

1. Mengontrol hipertensi

Minyak wijen dapat membantu mengontrol hipertensi. Studi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam tekanan sistolik dan diastolik, bersama dengan penurunan berat badan dan indeks massa tubuh (BMI).

2. Kontrol kolesterol

Minyak wijen adalah terkenal anti-inflamasi dan dapat mengurangi pembentukan bekuan darah, menekan irama jantung yang abnormal, melebarkan pembuluh darah, dan kandungan lemak yang lebih rendah dalam darah.
Kandungan asam linoleat, yang membuat 35 50 persen dari asam lemak dalam minyak wijen, menurunkan kolesterol darah, yang kemudian membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Mencegah kanker

Minyak wijen juga membantu mencegah kanker. Berbagai penelitian telah menunjukkan sesamin yang menghambat pertumbuhan kanker prostat, pankreas, paru-paru, usus besar dan payudara.

Hal ini juga mengurangi kerusakan sel yang biasanya disebabkan oleh radiasi yang diberikan sebagai pengobatan kanker.

4. Mengurangi rasa sakit

Minyak wijen adalah antioksidan yang mempromosikan peraturan peradangan dalam tubuh. Minyak juga bertindak sebagai antipiretik dan analgesik, mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa sakit.

5. Memerangi pilek dan flu

Minyak wijen juga antivirus dan dapat membantu melawan flu dan sinusitis. Ketika diterapkan dapat membersihkan hidung tersumbat cukup efektif. Hal ini juga mengurangi pembentukan kerak hidung.

 
x